Pelatihan Kreativitas Pemuda Tahun Ini Fokuskan Manajemen Event Organizer

 

Mantrijeron - Gabriel Lafibra pemuda asal Kelurahan Gunungketur Kemantren Pakualaman merasa senang karena tahun ini terpilih mjd salah satu peserta Pelatihan Kreativitas Pemuda Kota Yogyakarta tahun 2023 yang dilaksanakan pada 1-3 September 2023 di Burza Hotel Yogyakarta.
Pelatihan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Pemuda Wilayah (PW) Kota Yogyakarta
Untuk tahun ini pelatihan kreativitas pemuda lebih kepada pengelolaan atau manajemen event organizer dan wedding organizer.
Gabriel yang sering disapa mengaku, sangat bersyukur bisa masuk menjadi salah satu peserta dalam Pelatihan Kreativitas Pemuda Tahun 2023.

Salah satu peserta Pelatihan Kreativitas Pemuda 2023, Gabriel Lafibra perwakilan dari Kelurahan Gunungketur Kemantren Pakualaman.

Menurutnya, acara ini sangat ditunggu-tunggu pemuda di Kota Yogyakarta. Terlebih setiap tahunnya tema yang diberikan oleh Dindikpora Kota Yogyakarta berbeda-beda. Oleh karenanya Gabriel sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.
"Yang jelas senang sekali, karena ini setahun sekali, temanya pun berbeda-beda dan kebetulan saya tertarik di bidang event organizer. Sehingga kesempatan ini sangat bagus untuk bekal saya ketika akan mencari pekerjaan atau berkecimpung lebih jauh didunia event organizer,"jelasnya.
Selain itu, pihaknya juga merupakan salah satu pemuda aktif di wilayahnya. Sehingga harapannya dapat bermanfaat dan ditularkan kepada pemuda baru, agar semakin hidup jiwa kepemudaan melalui event organizer.
"Kebetulan di wilayah Pakualaman agak kurang aktif, sehingga masih menjaring kembali anak-anak muda. Saya berharap, ketika sudah ikut disini bisa menularkan ke kampung dan para pemuda baru khususnya. Sehingga akan lebih banyak lagi kader yang kreatif dan berjiwa semangat untuk memajukan kampungnya,"ungkapnya.
Gabriel merupakan salah satu pendaftar dari 50 orang pendaftar yang merupakan perwakilan dari 14 Kemantren Se-Kota Yogyakarta.
Selain itu, 50 peserta yang terpilih nantinya wajib menjadi anggota Organisasi Kepemudaan di wilayah yang berbasis Kelurahan dan Kemantren di Kota Yogyakarta.
Ia berharap, pelatihan ini menjadi ajang berkreasi untuk berkarya lewat kewirausahaan seperti event organizer dan ke depannya dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun lingkungannya.

Foto bersama peserta Pelatihan Kreativitas Pemuda 2023 perwakilan dari 14 Kemantren Se-Kota Yogyakarta.


Sementara itu, Sub Koordinator Kelompok Substansi Pembinaan Kepemudaan Dindikpora Kota Yogyakarta Mugi Suyatno mengatakan, untuk tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.
Pada tahun 2022 Pelatihan Kreativitas Pemuda mengambil tema kreativitas desain grafis. Sedangkan untuk tahun 2023 mengambil tema 'Event Management, Contagious Creativity 2023'. "Saya berharap, kegiatan ini memberikan peluang bagi pemuda khususnya pada dunia usaha di bidang event management,"jelas Mugi Suyatno saat diwawancarai.
Mugi mengungkapkan, para pemuda yang terpilih diajak untuk berkelompok, dan membuat suatu proposal event yang diharapkan pada satu proposal tersebut akan menjadi pegangan untuk menawarkan event mereka kepada perusahaan atau sponsor sheep.
"Kegiatan ini memang kita khusus menjaring calon pemuda-pemudi yang minat besar terhadap event organizer. Sehingga, ke depannya dapat menguatkan organisasi pengurus pemuda wilayah berbasis kelurahan dan kemantren,"ujarnya.
Untuk pelatihannya pun meliputi manajemen acara, kepemimpinan organisasi, manajemen event organizer, public speaking serta media partner dan promosi yang harapannya dapat diterapkan dan dipraktekkan terutama di wilayahnya.
"Mereka akan kita ajak menjadi wirausaha melalui event organizer. Sehingga apa yang dibuat atau dikelola dapat menghasilkan uang sebagai modal mereka mengelola suatu perusahaan dan dapat ditularkan kepemuda lainnya,"katanya. (Hes)