Gerakan Wanita Sejahtera Tingkatkan Kemandirian Ekonomi Perempuan Kota Yogya

Umbulharjo-20 Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Wanita Sejahtera (GWS) Kota Yogyakarta periode 2023-2028 dilantik oleh Ketua DPC GWS DIY, Sri Kus Endah. Dalam pelantikan tersebut Turtiyati Kadri Renggono didapuk menjadi ketua DPC GWS Kota Yogya.

Usai melantik, Sri Kus Endah mengatakan kehadiran GWS dapat menjadi wadah bagi perempuan di Kota Yogya untuk belajar berorganisasi.

Di samping itu, lanjutnya, GWS juga menjadi sarana untuk meningkatkan perekonomian perempuan, khususnya ibu rumah tangga. 

"Kami mendorong agar pengurus yang baru ini dapat bersinergi baik internal maupun eksternal dengan memperluas jaringan, baik itu pengusaha maupun pemerintah," katanya di Ruang Kunthi komplek Balaikota Yogya, Jumat (15/9/2023).

Ketua DPC GWS DIY, Sri Kus Endah saat penyematan pin kepada pengurus baru Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Wanita Sejahtera (GWS) Kota Yogyakarta periode 2023-2028

Sementara itu ketua DPC GWS Kota Yogya, Turtiyati Kadri Renggono menegaskan dirinya siap mengemban amanah dan tanggungjawab dengan melakukan yang terbaik untuk membantu kemajuan perekonomian di Kota Yogya.

"Kami akan melaksanakan program kerja yang telah disusun guna mendukung kemandirian perempuan di Kota Yogya," tandasnya.

Menurutnya salah satu kekuatan ekonomi yang dimiliki Kota Yogya adalah sektor UMKM dan ekonomi kreatif. Oleh karena itu pihaknya akan memperbanyak program-program pemberdayaan bagi para pelaku UMKM agar naik kelas.

"GWS punya jejaring di seluruh Indonesia, salah satuny informasi tentang pameran produk. UMKM unggulan bisa kita ikutkan dalam pameran agar produknya semakin dikenal dan usahanya berkembang," katanya.

Mewakili Penjabat Wali Kota, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogya, Yunianto Dwi Sutono menyambut baik pelantikan pengurus baru tersebut.

Ia pun meminta GWS Kota Yogya dapat menjadi role model dalam mewujudkan kemandirian bidang ekonomi bagi perempuan di Kota Yogya.

"Antara lain dengan kolaborasi bersama Pemkot Yogya guna terus maju dan berkembang memberikan manfaat bagi masyarakat," bebernya. (Han)