Dewan Pendidikan Dukung Keberhasilan Generasi Emas Indonesia

 



 

Umbulharjo - Pemerintah Kota Yogyakarta mengukuhkan 11 Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta periode 2024-2028 di Ruang Pandawa Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Rabu (7/2). Pada kesempatan ini, Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta dikukuhkan langsung oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo.

 

“Dewan Pendidikan sebagai representasi masyarakat terkait kepentingan dan kebutuhan masyarakat dalam berbagai kebijakan pendidikan. Kami harap terjalin kerja sama yang baik untuk mencapai tujuan bersama, yaitu meningkatkan mutu pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar Singgih.

 

Menurutnya, Dewan Pendidikan merupakan mitra strategis dan sejajar bagi Pemerintah Daerah dan sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan. Melalui Dewan Pendidikan, berbagai isu pendidikan dapat dibahas, dianalisis dan direkomendasikan kepada berbagai pemangku kepentingan.

 

“Saya sangat mengapresiasi peran Dewan Pendidikan dalam memberikan pertimbangan dan masukan terhadap berbagai kebijakan pendidikan yang diambil oleh Pemerintah dan sekolah,” tuturnya.

 

Singgih mengatakan Dewan Pendidikan menjadi salah satu tombak keberhasilan membentuk Generasi Emas Indonesia 2045. Pihaknya berharap, mutu pendidikan di Kota Yogyakarta dapat terus ditingkatkan dan setiap anak didik memiliki akses yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

 

Setelah dikukuhkan, anggota Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta Periode 2024-2028 akan bergerak cepat dengan melaksanakan konsolidasi membentuk kepengurusan agar fungsi organisasi berjalan efektif, efisien & responsif. Yang merupakan tokoh anggota Dewan Pendidikan diantara Indra Haryanto, Hajar Pamadhi, Umi Faizah, Enung Hasanah, Samiyo,  Khamim Zarkasih Putro, Andar Rujito, Akhir Lusono, Dian Wuri Astuti, As Martadani Nor dan Maya Veri Oktavia.

 

Salah satu anggota Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta Hajar Pamadhi membeberkan bahwa periode kedepannya akan masuk ke dalam masyarakat untuk mengetahui kondisi pendidikan dan  konsep pendidikan yang diharapkan.

 

“Kami juga ingin mengembangkan karakter yang berkualitas dan unggul. Nah sekarang saatnya kita meng-ekspos karakter yang sesuai dengan Kota Yogyakarta, yang kemudian lulusan dari Yogyakarta ini mempunyai karakter yang kuat dari kualitasnya sehingga bisa dipercaya untuk menjadi pemimpin,” tambahnya. (Chi)