Dindukcapil Tetap Buka Layanan Perekaman KTP el Saat Pemilu

UMBULHARJO - Guna memberikan layanan terbaik bagi warga Kota Yogyakarta, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta tetap melayani pencetakan dan perekaman KTP-el pada hari pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

Hal ini sesuai dengan instruksi Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dimana seluruh Disdukcapil di Indonesia tetap membuka layanan dan memberikan kemudahan terkait dokumentasi kependudukan terutama KTP-el untuk warganya.

Meski demikian, Kepala Disdukcapil Kota Yogyakarta Septi Sri Rejeki juga memastikan stok keping KTP-el masih sangat mencukupi.

Tak hanya pada hari pemungutan suara saja, layanan Disdukcapil Kota Yogyakarta juga sempat membuka akses layanan selama libur panjang pada Kamis-Minggu tanggal 8-11 Februari 2024 untuk warga yang ingin melakukan pencetakan dan perekaman KTP-el.

“Menjelang Pemilu 2024 terjadi kenaikan jumlah perekaman KTP-el dan cetak kartu. Bahkan antrian sempat mengular baik di Mall Pelayanan Publik (MPP), drive thru, maupun kantor Disdukcapil Kota Yogyakarta,”jelas Septi saat Jumpa Pers, Selasa (12/2).

Kepala Disdukcapil Kota Yogyakarta Septi Sri Rejeki saat memberikan sambutan terkait pelayanan saat Pemilu 2024, pada Jumpa Pers, Selasa (12/2).

Pihaknya menambahkan, jika hari biasa antrian mencapai lebih dari 200 orang. Pada hari libur panjang beberapa waktu lalu antrian mencapai lebih dari 300 orang.

“Sampai saat ini, menjelang Pemilu 2024, data terakhir tanggal 17 Januari 2024 persentase penduduk Kota Yogyakarta yang sudah melakukan perekaman KTP-el mencapai 99,72 persen. Sehingga 3.900 keping yang ada di Disdukcapil Kota Yogyakarta ini sangat mencukupi,”ungkapnya.

Mendekati Pemilu 2024, penduduk Kota Yogyakarta yang berusia minimal 17  belum melakukan perekaman dan pencetakan KTP-el dari 20 orang tersisa empat orang.

Walaupun Disdukcapil Kota Yogyakarta melakukan jemput bola, empat orang tersebut belum melakukan perekaman dan pencetakan KTP-el dengan berbagai alasan. Salah satunya peserta pemilu tersebut sudah berdomisili di luar Kota Yogyakarta.

Ia berharap, semua warga Kota Yogyakarta mempunyai KTP-el. Sehingga ke depannya penerbitan dokumen kependudukan sangat minim bahkan tidak ada.

Pelyanan di MPP Balaikota Yogyakarta membludak mendekati Pemilu 2024.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengungkapkan, layanan rekam KTP-el ini merupakan bagian yang penting untuk segera dimiliki oleh warga Kota Yogyakarta.

Singgih berharap, dengan upaya yang terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Disdukcapil Kota Yogyakarta dengan membuka layanan pada hari libur tanggal 14 Februari 2024, masyarakat dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Semoga layanan yang diberikan oleh Disdukcapil Kota Yogyakarta ini dapat dimanfaatkan oleh warga Kota Yogyakarta dalam kepentingan pencetakan dan perekaman KTP-el untuk mengikuti pemungutan suara. Sehingga semua yang sudah mendapatkan KTP-el dapat mengikuti Pemilu 2024 dengan lancar,”ungkapnya.

Saat ditemui, Izsa warga Kemitbumen, Panembahan Yogyakarta mengaku baru-baru ini memasuki usia 17 tahun.

Salah satu peserta pemilu, Izsa warga Kemitbumen, Panembahan Yogyakarta mengaku baru-baru ini memasuki usia 17 tahun dan melakukan perekaman serta pencetakan KTP-el.

Pihaknya menyempatkan melakukan perekaman dan pencetakan KTP-el di Mall Pelayanan Publik (MPP) di Balaikota Yogyakarta, Selasa (13/2) untuk mengikuti Pemilu 2024 esok hari.

Izsa mengungkapkan, sangat senang bisa mendapat kesempatan menyuarakan pilihannya pada Pemilu 2024  dan memiliki KTP-el yang baru saja di dapatnya.

“Semoga dengan KTP-el ini tidak hanya bisa berguna untuk menyalurkan hak suara pada Pemilu 2024, tetapi juga bisa berguna untuk hal lainnya,”ujarnya. (Hes)