Sport Tourism Tour de Kotabaru #3 Wisata Unggulan yang Makin Diminati

Gondokusuman – Sebanyak 500 pelari ikut meramaikan Fun Run Tour de Kotabaru #3 pada Minggu (25/2) pagi dengan menempuh jarak sejauh 5 kilometer, melewati rute Kawasan Cagar Budaya Kotabaru dan Sumbu Filosofi dengan titik start dan finish di Halaman Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan, kegiatan sport tourism menjadi sala satu cara untuk memperkenalkan destinasi wisata unggulan di Kota Yogya. Supaya pariwisata Kota Yogya dapat semakin diminati dan dikunjungi sehingga bisa mengungkit perekonomian masyarkat.

“Fun run dengan rute melewati Kawasan Kotabaru dan Sumbu Filosofi menawarkan pengalaman yang asik, cantik dan menarik. Karena olahraga lari saat ini sudah menjadi tren gaya hidup yang banyak diminati. Peserta yang mengikuti juga beragam, ada komunitas, perorangan juga masyarakat yang baru pertama kali mencoba, maka ini menjadi cara untuk memperkenalkan destinasi wisata Kota Yogya juga ajang promosi untuk menarik wisatawan berkunjung,” katanya.

Flag off Fun Run Tour de Kotabaru #3.

Menurutnya Kawasan Kotabaru penuh dengan narasi yang bisa menambah daya tarik wisata Kota Yogya. Mulai dari sisi arsitektur, tata kota, juga sejarah yang dimiliki sehingga sangat menarik untuk diulik, salah satunya melalui even sport tourism.

“Even sport tourism tidak hanya bertujuan mendatangkan crowd saja tapi juga ekonomi yang meningkat. Karena ini bagian dari mewujudkan dan menjaga pariwisata berkualitas di Kota Yogya. Sehingga sangat penting selain dari sisi daya tarik, keisapan kita warga Kota Yogya sebagai tuan rumah yang baik juga harus dijaga,” lanjutnya.

Singgih menambahkan, Kota Yogya yang sudah menjadi destinasi wisata terkemuka di Indonesia harus dijaga bersama masyarakat, untuk memberikan pelayanan, kesan dan pengalaman yang baik kepada wisatawan.

“Wisatawan itu kan butuh kuliner, oleh-oleh, informasi, pemandu wisata dan hal lain yang membuka peluang ekonomi untuk warga Kota Yogya. Untuk itu mari kita bersama-sama menjadi tuan rumah yang baik, sehingga masa tinggal dan belanja wisatawan juga meningkat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” tambanya.

Pj Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo bersama peserta fun run.

Sejalan dengan itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko menjelaskan Kota Yogya sebagai destinasi pariwisata terkemuka di Indonesia, pada tahun 2023 telah mendatangkan sebanyak 7,5 juta wisatawan dengan rata-rata belanja Rp 2 juta.

“Upaya pemerintah, komunitas juga masyarakat untuk menambah daya tarik wisata Kota Yogya menjadi sangat penting untuk menciptakan pariwisata berkualitas. Supaya lama tinggal dan belanja wisatawan semakin meningkat, salah satunya melalui berbagai even yang ditawarkan seperti sport tourism Tour de Kotabaru yang sudah ketiga kalinya diselenggarakan,” jelasnya.

Pihaknya menyampaikan Tour de Kotabaru menjadi even yang mengangkat semua potensi di Kawasan Kotabaru. Dengan melibatkan komunitas dan masyarakat untuk terlibat serta berperan dalam pelaksanaannya.
 
“Berbagai even seni, budaya juga olahraga akan dilakukan secara berkelanjutan sebagai daya tarik tambahan. Karena pada prinsipnya kita harus merawat apa yang suah ada dan menciptakan daya tarik tambahan. Sehingga di Kota Yogya selalu ada hal yang ditunggu-tunggu wisatawan setiap waktunya,” ujarnya.

Peserta fun run saat memasuki garis finish.

Sementara itu peserta Fun Run Tour de Kotabaru #3 Cyntia dan Welly yang merupakan mahasiswa asal Tangerang menceritakan pengalamannya pertama kali mengikuti kegiatan lari dengan menempuh jarak sepanjang 5 kilometer.

“Ini pertama kali kami mengikuti even lari 5 kilometer, ternyata seru dan sangat menyenangkan apalagi ini gratis tanpa dipungut biaya. Rangkaian acaranya juga banyak, ada pounfit, hiburan musik dan penampilan lainnya. Harapannya bisa terus berlanjut dan semakin banyak yang ikut meramaikan,” cerita mereka. (Jul)

Rangkaian acara Tour de Kotabaru #3.