Pemkot Yogya Harap Kiprah FPPI Dalam Pemberdayaan dan Pemenuhan Hak Perempuan

UMBULHARJO-Pemerintah Kota Yogyakarta memfasilitasi dan mengapresiasi atas pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia (DPC FPPI) Kota Yogyakarta periode 2024-2029. Diharapkan DPC FPPI Kota Yogyakarta bisa mendorong pelayanan dan pemenuhan terhadap hak-hak perempuan di Kota Yogyakarta semakin lebih baik.
Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan Pemkot Yogyakarta mengapresiasi atas pelantikan DPC FPPI Kota Yogyakarta periode 2024-2029. Menurutnya FPPI sebagai salah satu organisasi perempuan  mempunyai peran penting dalam mewujudkan Kota Yogyakarta yang maju sejahtera dan berkeadilan gender. Hal itu sejalan dengan salah satu visi Pemkot Yogyakarta untuk mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera.
"Saya menaruh harapan besar pada FPPI apalagi setelah terbentuknya pengurus DPC Kota Yogyakarta akan mendorong pelayanan dan pemenuhan terhadap hak-hak perempuan di Kota Yogyakarta, " kata Singgih saat pelantikan pengurus DPC FPPI) Kota Yogyakarta, di Balai Kota, Sabtu (9/3/2024).

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo memberikan sambutan usai pelantikan DPC FPPI Kota Yogyakarta.

Singgih menyatakan perempuan memiliki kaitan dengan anak. Banyak program yang harus dilakukan misalnya penurunan stunting guns menyiapkan  anak untuk generasi emas pada 2045. Pemkot Yogyakarta akan bekerja sama dengan FPPI untuk mewujudkan hal tersebut.
"Persoalan kesenjangan gender dan masih ada kekerasan perempuan menjadi PR kita bersama. FPPI harus mengambil peran untuk bisa menurunkan, bahkan menghilangkan itu," tuturnya.
Pihaknya berharap pengurus FPPI yang baru dilantik terus semangat memperjuangkan kesetaraan dan pemberdayaan perempuan di Kota Yogyakarta. Termasuk menjalin kerja sama baik  dengan pemerintah dan pemangku kepentingan terkait. Singgih menegaskan atas nama Pemkot Yogyakarta mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus DPC FPPI Kota Yogyakarta.

Singgih didampingi Penjabat Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Atik Wulandari (kiri) dan Plt Kepala DP3AP2KB Kota Yogyakarta Yunianto Dwisutono (kanan)

"Kita menaruh harapan besar  terhadap FPPI untuk bisa membawa Kota Yogyakarta  semakin lebih baik," ujar Singgih.
Total ada sekitar 30 pengurus DPC FPPI Kota Yogyakarta periode 2024-2029 yang dilantik oleh Ketua DPD FPPI DIY, Sri Muslimatun. Adapun Ketua DPC FPPI Kota Yogyakarta dijabat oleh Fitriani Dwi Hartanti. Sedangkan Penjabat Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Atik Wulandari menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Daerah DPC FPPI Kota Yogyakarta.
Sedangkan Ketua DPC FPPI Kota Yogyakarta Fitriani Dwi Hartanti mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Yogyakarta yang memfasilitasi pelantikan DPC FPPI Kota Yogyakarta. Misi FPPI ada lima prinsip perjuangan yaitu antinsubordinasi, antimarginalisasi, antipelabelan negatif, antikekerasan kepada perempuan dan antidouble burden atau beban ganda.

Pelantikan pengurus DPC FPPI Kota Yogyakarta periode 2024-2029.


"FPPI akan bekerja untuk meningkatkan kualitas perempuan dan keluarga. Sesuai arahan DPP, prioritas program kami stunting dan KDRT. Harapannya bisa mendapatkan data dari pemkot untuk bisa membantu bersinergi untuk mengatasi stunting dan KDRT, " pungkas Fitriani.(Tri)