Yogyakarta City Fun Run Jelajahi Potensi KCB Kotagede

Kotagede - Kawasan Cagar Budaya (KCB) Kotagede banyak diwarnai dengan bangunan cagar budaya yang masih sangat terawat dengan baik, ditambah dengan potensi yang dimiliki pada tiap sudut perkampungan menjadi satu daya tarik tersendiri.

Hal itu dikatakan Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo pada Minggu (10/3) pagi dalam kegiatan Yogyakarta City Fun Run, yang dilakukan bersama beberapa komunitas lari di Kota Yogya. Dengan titik start dan finish di Taman Budaya Embung Giwangan menempuh rute sejauh 5 kilometer.

Menurutnya kegiatan fun run menjadi sport tourism yang menjadi daya tarik Kota Yogya yang memiliki beragam rute cantik. Terutama rute di kawasan cagar budaya seperti halnya Kotagede, sebagai KCB dengan latar sejarah Kerajaan Mataram Islam juga bangunan percampuran gaya Jawa-Indis yang masih terawat baik.

“Kegiatan seperti ini harus semakin sering dilakukan untuk mengenalkan wilayah-wilayah di Kota Yogya yang cantik, khususnya untuk mengeksplorasi rute perkampungan yang tidak kalah menarik dengan potensi yang dimiliki,” ujarnya.

Flagoff Yogyakarta City Fun Run.

Pihaknya juga mengatakan olahraga lari sudah menjadi tren dan gaya hidup banyak orang, sehingga kegiatan fun run bisa menjadi satu even pariwisata yang bisa menarik wisatawan untuk datang ke Kota Yogya.

“Even sport tourism tidak hanya bertujuan mendatangkan crowd saja tapi juga ekonomi yang meningkat. Karena ini bagian dari mewujudkan dan menjaga pariwisata berkualitas di Kota Yogya. Sehingga sangat penting selain dari sisi daya tarik, keisapan kita warga Kota Yogya sebagai tuan rumah yang baik juga harus dijaga,” katanya.

Sementara itu salah satu peserta Yogyakarta City Fun Run dari komunitas Playon Jogja, Husni yang sudah satu tahun terakhir menekuni olahraga lari menceritakan pengalamannya melewati rute KCB Kotagede.

“Ini pertama kalinya ikut lari dengan rute KCB Kotagede, ternyata sangat menarik ya karena dengan menempuh jarak 5 kilometer ini melewati kawasan dengan gaya arsitektur campuran Jawa dan Indis. Kemudian melewati Pasar Kotagede, Masjid Gede Mataram dan masuk ke wilayah perkampungan. Semoga ke depannya bisa diadakan lagi dengan menjelajahi rute cantik lainnya di Kota Yogya,” ceritanya. (Jul)

Peserta Yogyakarta City Fun Run.