Sosialisasi Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (KRPPA) Kelurahan Kricak

Yogyakarta (19/042024) Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli (KRPPA) merupakan desa/kelurahan yang mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan sesuai dengan visi pembangunan Indonesia. DP3AP2KB Kota Yogyakarta bergerak bersama Forum PUSPA mengadakan sosialisasi KRPPA di Kelurahan Kricak.

DP3AP2KB Kota Yogyakarta bersama dengan Kelurahan Kricak  mengadakan sosialisasi program Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (KRPPA) dalam upaya menciptakan lingkungan yang aman, inklusif, dan peduli terhadap perempuan dan anak-anak. Acara tersebut melibatkan 2 narasumber yaitu Bapak Agus Ruyanto dan Ibu Mutia Dewi, S.sos M.Ikom. 

Sosialisasi KRPPA di Kelurahan Kricak merupakan keerlanjutan dari pembentukan KRPPA di 2 kelurahan sebelumnya yaitu Kelurahan Giwangan dan Kelurahan Rejowinangun. Seperti halnya 2 kelurahan sebelumnya dalam sosialisasi tersebut membahas juga mengenai pembentukan Relawan SAPA. Peran Relawan SAPA difokuskan pada upaya yang bersifat promotif dan preventif dalam menciptakan lingkungan yang bebas dari kekerasan serta peduli terhadap perempuan dan anak-anak. Hal ini meliputi tindakan pencegahan terhadap kekerasan terhadap perempuan dan anak serta upaya untuk menghapuskan pelanggaran terhadap anak - anak.