MTQ KORPRI Tingkatkan Kecintaan Terhadap Alquran


Umbulharjo- Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kota Yogya menggelar lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkot Yogya.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Yogya, Fatmah Rosyati mengatakan tujuan digelarnya lomba MTQ KORPRI Tingkat Kota adalah sebagai sarana untuk memperdalam kecintaan dan pemahaman terhadap Al-Qur'an.

"Selain itu juga sebagai ajang kompetisi para ASN Kota Yogya untuk meningkatkan kemampuan dan talenta di bidang hafalan Hifzh Qur’an dan dakwah Al-Qur'an," ungkapnya di Masjid Pangeran Diponegoro, Rabu (24/4/2024).

Dalam lomba ini dibagi dua kategori yakni cabang Hifzh Al-Qur’an dan cabang dakwah Al-Qur’an. Untuk kategori Hifzh Al-Qur’an adalah hafalan Juz Amma.

"Sementara cabang Dakwah Al-Qur'an adalah cabang perlombaan yang menampilkan kemampuan menyampaikan pesan-pesan Al-Qur'an dalam bentuk verbal. Masing-masing peserta diberi waktu 10-15 menit," katanya.

Terdapat lima tema pada cabang dakwah Al-Qur'an. Pertama adalah etika berdemokrasi dalam perspektif Islam, kedua keteladanan abdi negara dalam melayani masyarakat, ketiga merajut persaudaraan dalam bingkai Kebhinnekaan, keempat mengimplementasikan ketaatan kepada Allah, Rasul, dan Ulil Amri, dan kelima meneguhkan ASN yang unggul, cerdas, dan berakhlak mulia.

Untuk kriteria penilaiannya, lanjut dia adalah isi dakwah, penghayatan, dan retorika tilawah. "Untuk pemenang terbaik pertama akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 3.000.000. Sementara juara dua dan tiga akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 2.500.000 dan Rp 2.000.000," jelasnya.

Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kota Yogya, Aman Yuriadijaya saat membuka lomba MTQ KORPRI Kota Yogya,

Lomba ini dibuka oleh Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kota Yogya, Aman Yuriadijaya. Pihaknya pun sangat mendukung penuh lomba tersebut. Menurutnya adanya lomba ini dapat dijadikan sebagai pengembangan mental spiritual dan moral ASN Kota Yogya dalam menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat.

Aman berharap adanya MTQ KORPRI ini akan lahir ASN terbaik yang tidak hanya unggul dalam hafalan dan pemahamannya terhadap Al-Qur'an, tetapi juga dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi masyarakat luas.

"Agar nantinya dapat diterapkan saat melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat," imbuhnya.

ASN Pemkot Yogya saat mengikuti lomba MTQ KORPRI

Salah satu peserta lomba tersebut, Atiqoh mengaku optimis dapat meraih hasil yang terbaik lantaran ia telah mempelajari materi sesuai kriteria lomba yang telah disampaikan sebelumnya.

ASN Diskominfosan Kota Yogya ini mengikuti lomba MTQ cabang dakwah Al-Qur’an. "Banyak persiapan yang dilakukan seperti menyiapkan materi. Fisik dan mental juga perlu disiapkan. Bismillah dapat hasil yang terbaik," katanya.  (Han)