Peringati Hari Kartini, Pemkot- GOW Bakti Sosial ke PA Yaketunis

MANTRIJERON- Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Gabungan Organisasi Perempuan (GOW) Kota Yogyakarta mengadakan bakti sosial ke Panti Asuhan (PA)  Yayasan Kesejahteraan Tuna Netra Islam (Yaketunis) Yogyakarta. Bakti sosial tersebut untuk  memperingati Hari Kartini sekaligus bentuk kepedulian kepada anak-anak berkebutuhan khusus.
Ketua GOW Kota Yogyakarta Atik Wulandari mengatakan kedatangan GOW Kota Yogyakarta dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta ke Panti Asuhan Yaketunis yang pertama untuk silaturahmi. Di samping itu untuk  bakti sosial kepada anak-anak dan pengelola Yaketunis Yogyakarta dalam rangka peringatan Hari Kartini.
"Ini adalah bakti sosial ke Yaketunis dalam rangka memperingati Hari Kartini oleh Gabungan Organisasi Wanita Kota Yogyakarta. Tujuannya untuk kepedulian sosial khususnya untuk anak-anak berkebutuhan khusus," kata Atik ditemui saat bakti sosial GOW Kota Yogyakarta ke Panti Asuhan Yaketunis, Rabu (24/4/2024).

Ketua GOW Kota Yogyakarta Atik Wulandari menyerahkan bantuan uang untuk pembinaan kepada  Ketua Yaketunis dalam kegiatan bakti sosial di Panti Asuhan Yaketunis.

Menurutnya kegiatan bakti sosial  ke Yaketunis itu selaras dengan cita-cita Kartini yang memperjuangkan pendidikan untuk perempuan. Di Yaketunis  banyak anak dengan keterbatasannya mempunyai semangat untuk belajar. Oleh sebab itu perlu diapresiasi dan didukung dengan bakti sosial berupa bingkisan untuk anak-anak dan uang pembinaan untuk pengelola Yaketunis.
"Yaketunis merupakan yayasan sekolah. Di mana cita-cita Kartini ingin maju di bidang pendidikan. Tentunya ini sinergi dengan tujuan dari cita-cita Kartini Makanya kami melakukan yang pertama rangkaian kegiatan Kartini adalah bakti sosial. Kita menunjukan kepekaan terhadap lingkungan dan kepedulian sosial kepada anak-anak berkebutuhan khusus," tutur istri Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo itu.
Atik mengakui mungkin bantuan yang diberikan dalam bakti sosial tidak seberapa. Tapi itu adalah   wujud kepedulian GOW Kota Yogyakarta untuk anak-anak di Yaketunis serta diharapkan bingkisan dan uang pembinaan bisa memberikan manfaat dan motivasi kepada anak-anak agar lebih semangat meraih cita-cita.

Atik bernyanyi bersama anak-anak Panti Asuhan Yaketunis saat sesi unjuk bakat yang memeriahkan bakti sosial.

"Harapannya anak-anak walaupun dengan keterbatasan yang  ada tetap semangat berjuang untuk meraih cita-citanya. Kita sebagai masyarakat terutama kaum wanita di GOW memberikan perhatian kepada mereka. Mudah-mudahan ini menjadi inspirasi bagi organisasi atau masyarakat lain untuk memberikan perhatian juga," terang Atik.
Sementara itu Sekretaris DP3AP2KB Kota Yogyakarta, Sarmin menyambut baik kegiatan bakti sosial GOW Kota Yogyakarta dalam  rangkaian kegiatan peringatan Kartini. Hal itu sekaligus membuktikan kepedulian sosial GOW Kota Yogyakarta kepada Yaketunis yang bergerak di bidang pendidikan untuk anak-anak. Terutama yang berkebutuhan khusus.
"Ini selaras dengan tujuan mulia Ibu Kartini. Ibu Kartini mengorbankan waktu, pikiran dan tenaganya untuk kemajuan sesamq kaumnya. GOW Yogya berupaya melanjutkan cita-cita Kartini dengan kegiatan bakti sosial ini," tambah Sarmin.

Sekretaris DP3AP2KB Kota Yogyakarta Sarmin menyerahkan bingkisan kepada salah satu perwakilan anak di Panti Asuhan Yaketunis.

Sedangkan Ketua  Yaketunis Yogyakarta Ahmad Hidayat Syukri mengucapkan terima kasih atas kegiatan bakti sosial peringatan hari Kartini GOW Kota Yogyakarta kepada Yaketunis. Saat ini Yaketunis mengasuh sekitar 79 anak tuna netra dari Yogyakarta dan berbagai daerah antara lain Aceh, Kalimantan dan Papua. Mereka ada yang berpendidikan MTS, MAN, SLB dan perguruan tinggi
"Alhamdulilah kegiatan bakti sosial GOW di Yaketunis ini sangat bermanfaat. Kami mengucapkan terima kasih. Apapun bentuk yang diberikan kepada kami sangat bermanfaat dan akan barokah semua," ucap Ahmad.(Tri) 

Ketua Yaketunis Yogyakarta, Ahmad Hidayat Syukri (paling kanan).