Tokoh Masyarakat Bantu Pemerintah Edukasi Kelola Sampah


TEGALREJO - Ratusan tokoh masyarakat di Kelurahan Kricak ikuti Syawalan bersama, pada Selasa (30/4) di Bale Serbaguna Jatimulyo, Kelurahan Kricak Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo didampingi istri ikut menghadiri syawalan keluarga besar Kelurahan Kricak.

Suasana hangat dan penuh bahagia terasa menyelimuti malam syawalan tersebut. Singgih mengatakan, tokoh masyarakat seperti rt, rw, forkopimda, Ketua LPMK, Lurah Kelurahan Kricak menjadi ujung tombak dalam memberikan pelayanan di masyarakat.

“Terima kasih kepada para tokoh masyarakat yang selalu memberikan tenaga dan kerukunannya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,”ujarnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo saat memberikan sambutan kegiatan Syawalan Keluarga Besar Kelurahan Kricak.

Singgih berpesan, agar bersama-sama membantu pemerintah dalam pengolahan sampah dari hulunya.

Sehingga, harapannya Kota Yogyakarta dapat mengolah dan mengelola sampah secara mandiri.

“Saya pesan, untuk warga di Kelurahan Kricak ikut membantu pemerintah dalam mengelola sampah dari rumah tangga. Sehingga seperti program Mbah Dirjo, Bank Sampah, Losida, Biopori yang menjadi upaya pemerintah dalam memberikan edukasi dapat diolah dengan maksimal,”jelas Singgih saat memberikan sambutan.

Ia berharap, tidak hanya mengolah sampah, tetapi budaya ‘nyampah’ diharapkan tidak terjadi di Kota Yogyakarta.

“Kita sudah membangun 3 TPST yang siap mengolah setidaknya 25-45 ton per hari. Saya harap, masyarakat juga ikut memaksimalkan mengolah sampah melalui program-program yang sudah diberikan,”imbuhnya.

Ia berharap, pemerintah terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat khususnya di Kelurahan Kricak.

Sementara itu, Ketua Panitia Dwi wahyudi Hamzah mengungkapkan, rasa senangnya mendapat kesempatan hadirnya orang nomor satu di acara Syawalan Kelurahan Kricak.

Ia berharap, sinergi antara Kelurahan Kricak dan pemerintah terus terjaga. “Terima kasih kepada bapak Singgih yang malam ini menyempatkan mengunjungi Kelurahan Kricak. Semoga hati kita menjadi satu rasa, kebersamaan, kerukunan dan keguyuban bersama dengan  silaturahmi dalam kegiatan syawalan ini,”ungkapnya.

Kegiatan syawalan diisi dengan ramah tamah dan silaturahmi antar warga di Kelurahan Kricak.

Ia juga mengucapkan terima kasih, kepada para elemen masyarakat, tokoh masyarakat, lembaga, lintas agama yang ikut membantu dalam kegiatan ini. 

“Semoga kerukunan ini terus terjalin, dan menjadikan Kelurahan Kricak menjadi warga yang guyub dan tentrem,”katanya. (Hes)