Peringatan Hari Buruh Pemkot Dorong Pekerja Kembangkan Kompetensi

Mergangsan - Pemerintah Kota Yogyakarta memperingati Hari Buruh International dengan mengangkat tema Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh yang Kompeten pada Rabu (1/5/2024) di Tasneem Hotel bersama unsur pekerja, pengusaha, akademisi, dan Forkompinda yang tergabung dalam tim lembaga ketenagakerjaan.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan, tema yang diangkat pada peringatan May Day kali ini adalah peningkatan kompetensi, di mana para pekerja diharapkan dapat meningkatkan keterampilan, tidak hanya teknis tapi juga interpersonal.

"Kompetensi tentunya tidak hanya secara teknis atau hard skill saja tapi juga soft skill yang harus terus diasah dan dikembangkan, karena persaingan di dunia kerja sekarang ini semakin kompetitif. Begitu juga dengan tuntutan pekerjaan yang akan semakin banyak," katanya. 

Menurutnya setiap pekerjaan pasti dilakukan dengan skill, untuk itu sangat penting dilakukan mengembangkan kompetensi pekerja. Termasuk seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, para pekerja juga harus beradaptasi dengan dunia digital.

"Selain skill yang spesifik berkaitan secara teknis, sikap dan perilaku selama menjalankan pekerjaan juga harus diperhatikan. Berkaitan dengan attitude, kemampuan komunikasi, bagaimana menjalin dan memperluas relasi juga menjadi kemampuan penting untuk perjalanan karir," imbuhnya.

Pj Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo. 

Sejalan dengan itu Kepala Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Maryustion Tonang menyampaikan peringatan Hari Buruh tersebut digelar dengan beberapa rangkaian kegiatan mulai dari senam bersama, dono darah juga sarasehan yang merupakan kolaborasi antara unsur pekerja, pemberi kerja dan penyelenggara negara atau pemerintah. 

"Sinergitas antara ketiga unsur ini menjadi bentuk hubungan industrial di Kota Yogyakarta yang harmonis dinamis dan berkeadilan. Dengan harapan hal ini dapat terus berkelanjutan untuk bersama-sama menciptakan iklim industrial yang kondusif," terangnya. 

Sementara itu perwakilan dari pekerja Suprihansono mengungkapkan Hari Buruh menjadi satu momen penting dan bersejarah bagi pekerja atau buruh dalam memperjuangkan haknya. Dengan harapan perlindungan serta kesejahteraan buruh dan pekerja di Kota Yogyakarta dapat semakin baik. 

"Perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja, juga jaminan sosial menjadi hak pekerja yang semoga ke depan kesejahteraan buruh ataupun pekerja bisa terus meningkat," ungkapnya. (Jul)

Peringatan Hari Buruh 2024.