Wawali Ajak Warga Jaga Kerukunan Umat Beragama

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengajak warga Kelurahan Terban Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta untuk terus memelihara kerukunan antar umat beragama dan selalu menjaga ketentraman dan ketertiban di Kota Yogya.

"Jagalah kebersamaan dan saling menghormati antarumat beragama demi terciptanya kondusivitas di Kota Yogya, sekaligus dalam merekat persatuan dan kesatuan bangsa, dengan kerukunan, maka akan tercipta kondusivitas daerah." ujar Wawali saat menghadiri malam silahturahmi antar umat warga RW12 Kelurahan terban yang di gelar di aula SMPN 9 Yogya, Sabtu malam (26/1/2019)

Ia menjelaskan, kerukunan umat beragama merupakan keadaan di mana sesama umat beragama dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai, dan kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya. Selain itu, bekerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Semangat kebersamaan inilah yang harus terus dijaga, saling menghormati, toleransi menghargai, saling membantu dan hidup rukun, karena manusia adalah mahluk sosial yang senantiasa membutuhkan pertolongan orang lain” katanya.

Pemerintah Kota Yogya mengemban tugas memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, termasuk memfasilitasi terwujudnya kerukunan umat beragama. Untuk itu, katanya, dibutuhkan kerja sama semua pihak terutama pemuka-pemuka agama dan tokoh masyarakat.

“Sejatinya semua agama mengecam tindak kekerasan atas nama apapun. Membangun pola hubungan yang saling menghargai adalah sikap positif dalam menerima perbedaan” tegasnya. (Han)