Mahasiswa ISI Yogyakarta Pimpin BADKOTKA TPA Tegalrejo Periode 2017-2020

Menjadipengurus di organisasi sosial keagamaan memang bukanlah hal yang mudah. Pengurus harus siap menjadi ujung tombak dan ujung tombak tidak melulu berpendidikan akademik di bidang agama ataus ekolah di pesantren untuk ikut serta dalam organisasisosial agama, namun yang paling penting adalah niat ikhlas dan sabarsebagai modal utama.

Adalah Gibran Darissalam, mahasiswa Institute Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Jurusan Desain Komunikasi Visual yang pada Minggu (19/11) resmi dilantiksebagai Ketua Umum Badan Koordinasi Taman Kanan-Kanak Al-Quran Taman Pendidikan Al-Quran (BADKOTKATPA) Kecamatan Tegalrejo periode 2017-2020.

Pelantikan Pengurus BADKO KecamatanTegalrejobertempat di Pendopo Kecamatan Tegalrejo,dihadiri Camat Tegalrejo, KUA Tegalrejo, Polsek Tegalrejo, Koramil Tegalrejo,dan Direktur TPA se-Tegalrejo.

Gibran menggantikan Ustaz Baihaqi Magribi pada Musyawarah Rayon, Minggu(3/11), di Masjid Al FajriPetinggen.

Richi Sumardjono,pemandu acara pelantikan Pengurus BADKO TKA TPA Tegalrejo periode 2017-2020,setelahpembukaan,mempersilakan Ustaz Nur Muhamamad untuk melantunkan AyatSuci Al-Quran. Para tamu undangan dengan khusyuk mendengarkan saat mukjizat Nabi Muhammad SAW ini dilantunkan.

Muhammad Baihaqi menyampaikan terimakasih kepada segenap tamu undangan yang berkenan hadir,walaupun bersamaan dengan hujan yang cukup deras. Secara khusus, ia berterimakasih kepada segenap Pengurus BADKO Tegalrejo periode 2014-2017 yang telah membantunya menjalankan amanah.

“Saya mengajak kepada diri saya pribadi dan kepada teman-teman pengurus yang sebentar lagi akan paripurna agar tetap berdakwah menyebarluaskan Al-Quran,khususnya di Tegalrejo,walaupun tidak menjadi Pengurus BADKO lagi,” lanjutnya.

Perwakilan Kecamatan Tegalrejo, Juwairiah, mengaku sangat bangga atasterlaksananya acara. Ia sempat bercerita tentang aktivitasnya mengurus TPA di tempat tinggalnya,Sukunan, Gamping,Sleman jikatidak sedang bertugas di Kecamatan.

“Mengajar di TPA itu tantangannya semakin berat. Banyak anak-anak yang lebih tertarik bermain gawai daripada belajar Al-Quran,”ungkap Jujuk, panggilan akrabnya.

Jujuk berharap kepada Pengurus BADKO TKA TPA Tegalrejo periode 2017-2020 agar dapat mengarahkan anak-anak,khususnya Kecamatan Tegalrejo ke arah yang lebih baik.

“Pengurus TPA itu harus sabar dan Ikhlas, agar bisa istiqomah,” pesannya.

Pembacaan SK

Acara berlanjut pada prosesi pelantikan,dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Pelantikan yang dibacakan Ustaz Andry Sunny.

“Apakah bersedia dan sanggup menjadiPengurus BADKO Kecamatan Tegalrejo?” tanya Andry kepada semua calon Pengurus BADKO TKA TPA Tegalrejo periode 2017-2020.

“Sanggup!” jawab Gibran dan teman-temannya serentak.

Selanjutnya, Gibran menandatangi berkas pelantikan yang diikuti dengan serah terima jabatan dari kepengurusan sebelumnya.

Dalam sambutan pertamanyasebagai ketua, Gibran menyampaikan bahwa dirinya beserta teman-teman pengurus baru masih memerlukanbimbingan dari pengurus lama dan tentunya dari pihak pemerintahan,dalam hal ini Camat Tegalrejo, KUA,dan lainnya, agar BADKO Tegalrejo menjadi semakin baik ke depannya.

“Saya pribadi maupun selaku Ketua mengucapkan terima kasih kepada semua teman-teman atas kepercayaannya dan memberikan kesempatan untuk lebih dekat berinteraksi pada Al-Quran dengan menjadi Pengurus BADKO Tegalrejo,”tutur Gibran. (Kurniawan Sapta Margana/Kecamatan Tegalrejo)