Bertandang ke Yoyakarta, Kotawaringin Barat Pelajari Kota Layak Anak

Yogyakarta, Kamis (09/11)  Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menerima kunjungan kerja Komisi A DPRD Kabupaten Kota Waringin Barat Kalimantan Tengah di  Balai Kota Yogyakarta. Kunjungan diterima Staf Ahli Bidang Perekonomian Bejo Suwarno di ruang Yudhistira.

Pimpinan rombongan, Tuslam Amirudin menuturkan, tujuan kedatangannya bersama segenap rombongan pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat kali ini dalam rangka peningkatan kualitas Kota Layak Anak untuk di terapkan di Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.

“Kami ingin mempejari lebih dalam bagaimana mengelola dan  mengembangkan  kota layak anak di kota yogyakarta yang kami rasa sudah sangat bagus ,” jelasnya.

Ia menambahkan, berbagai upaya Pemkot Yogyakarta mewujudkan Kota Layak Anak juga mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Beberapa bulan lalu Kota Yogyakarta menerima beberapa penghargaan sekaligus pada acara Hari Anak Nasional. Salah satunya yakni predikat Kota Layak Anak.

“Hal inilah yang mendorong Komisi A DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat untuk lebih mempelajari perihal Kota Layak Anak untuk nantinya bisa diterapkan  dan bermanfaat di wilayah mereka,” jelasnya.

Staf Ahli Bidang Perekonomian Bejo Suwarno, di Kota Yogyakarta kampung ramah anak mulai tumbuh sejak tahun 2011 lalu. Saat ini jumlahnya mencapai 179 kampung tersebar di 45 kelurahan.

“Hingga saat ini Pemkot Yogyakarta masih selalu mengembangkan kampung ramah anak di daerah-daerah yang sebelumnya belum terprogram guna mewujudkan lingkungan yang nyaman dan mendukung pemenuhan hak-hak anak,” tuturnya.

Pembentukan kampung-kampung ramah anak di Kota Yogyakarta, sambungnya, merupakan langkah maju dalam mempertahankan Kota Yogya sebagai Kota Layak Anak.. Kampung ramah anak di Kota Yogyakarta terus berkembang pesat. Hal ini lantaran evaluasi rutin terus dilakuka.

Selain itu, upaya Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mewujudkan Kota Layak Anak adalah dengan membentuk satuan tugas SIGRAK untuk menanggulangi kekerasan pada anak serta mendorong keterlibatan anak dalam Musrenbang dan Forum Anak Kota Yogyakarta (FAKTA)

“Kami memiliki Forum Anak yang pada tahun ini berhasil meraih penghargaan sebagai forum anak terbaik dan teraktif. Selain itu, untuk mewujudkan Yogyakarta yang semakin layak anak, di tahun ini kami mendeklarasikan 20 Sekolah Ramah Anak dan 5 Puskesmas Ramah Anak” urainya. (Fery Harmas)