Perwakilan Kota Wuhan RRC Kunjungi Yogyakarta

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menerima kunjungan kerja Pemerintah Kota Wuhan RRC, selasa (7/11). Kunjungan kerja tersebut diterima langsung oleh Wakil Walikota Heroe di ruang Yhudistira kompleks Balai Kota.

Dalam kunjungan tersebut perwakilan Pemerintah Kota Wuhan, Mr Hu Shuguang menuturkan tujuannya ke Yogyakarta ingin bertukar informasi dalam hal perdagangan dan juga perindustrian. Pemeritah kota Wuhan bersama rombongan berjumlah 6 orang anggota pemerintahan Wuhan, China.

“Kami sangat gembira dan baru mengetahui bahwa di Indonesia ternyata juga memiliki kota Yogyakarta, yang sebelumnya kami hanya mengetahui di Indonesia hanya ada kota Jakarta,” ujar Mr. Hu Shuguang.

Bertempatan di ruang Yhudistira kedua belah pihak pemerintah kota Yogyakarta dan Pemerintah Wuhan saling bertukar informasi mengenai perkembangan yang ada di Kota Yogyakarta.

“Karena kota kami berada di tengah-tengah RRC maka kami sudah mempunyai posisi dalam memasuki perekonomian dunia. Di Wuhan sendiri terdapat 80 universitas, sehingga pendidikan, wisata dan juga dalam bidang perindustrian dan pertanian sudah sangat maju. Kami juga mempunyai kerja sama dengan negara-negara lain berkat mengikuti petunjuk dari Negara” ujaranya.

Selanjutnya Mr. Hu mengatakan, untuk bisa bertukar informasi mengenai wisata, hasil laut dan juga hasil pertanian yang ada di kota Yogyakarta. Diharapkan Juga bisa saling  mempererat hubungan antara kedua kota.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dalam sambutannya mengaku mengapresiasi kedatangan rombongan dari wuhan tersebut.

“Kami senang menjalin hubungan dengan saudara dari Wuhan dalam bertukar informasi di kota Yogyakarta. Kami berharap bisa lebih mempererat kerja sama kita” ucapnya.

Heroe memperkenalkan potensi yang ada di Kota Yogyakarata seperti Wisata, Pendidikan, Budaya Yogyakarta, dan UMKM. “Dari perspektif ekonomi Yogyakarta memiliki rangkaian yang banyak, maka Yogyakarta juga sering disebut kota wisata. 

Industri di Yogya, sambungnya sebagian besar bergerak di bidang kuliner, batik, kerajinan tangan, kerajinan perak.

“Kami berharap dengan adanya kunjungan ini, kerja sama antar pemerintah Kota Yogyakarta dan pemerintah Kota Wuhan bisa terus membangun dan dapat memajukan industri di masing masing kota,” jelasnya. (Khairunnisa Sawitri)