Tingkatkan Perekonomian Keluarga Melalui Gebyar UPPKS 2017

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Yogya tampilkan produk-produk unggulan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) pada gelaran gebyar promosi UPPKS 2017. Pameran  ini merupakan ajang promosi bagi  kelompok-kelompok UPPKS yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan keluarganya.

Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Yogya, Eny Retnowati mengatakan kegiatan ini adalah wujud perhatian Pemkot Yogya terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. Selain pemberdayaan ekonomi keluarga, para pengusaha yang memiliki UMKM juga dibina dalam hal standar produk, masa kedaluarsa, pengemasan yang baik, juga laporan perkembangan kepesertaan KB.

“Selain melakukan kegiatan layaknya UMKM, ada pertemuan kelompok tiap bulan, simpan pinjam, sharing usaha dan mengingatkan anggota tentang keikutsertaannya dalam KB, Jadi memang inti pokok kegiatan UPPKS adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengingatkan serta memantapkan keikutsertaan KB” Katanya di Xt Square, Sabtu (4/11)

Hal senada di katakan Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, menurutnya dengan adanya pameran Gebyar Promosi UPPKS merupakan kegiatan ekonomi produktif sebagai bagian dari Program KB merupakan salah satu aspek penting yang menentukan keberhasilan pencapaian sasaran dalam pembangunan sumber daya manusia.

Namun meskipun demikian, lanjutnya, tidak semua UPPKS di Kota Yogya masuk ke dalam kelas usaha yang terbilang ramai order. “Hal ini dikarenakan masih adanya beberapa permasalahan seperti kurangnya dukungan warga terhadap keberadaan UPPKS, permasalahan pengelolaan atau manajemen, administrasi, kualitas produksi, pemasaran hingga permodalan”ungkapnya.        

Wawali pun menghimbau agar para pelaku ekonomi kreatif juga memaksimalkan penggunaan sarana non fisik. “Yaitu dengan mengguakan media online dan jejaring media sosial untuk mendongkrak pemasaran produk-produk yang dihasilkan. Sebab melalui media online dapat mempertemukan pembeli dan penjual di jagat maya secara lebih luas” katanya. (Han)