265 Tim Ikut Kontes Robot Pintar Ke-10, Wakil Walikota Sarankan Peserta Bentuk Komunitas

Ruang Phytagoras Hall, Gedung Kotak lantai 1 Taman Pintar Yogyakarta Sabtu, (04/11/2017) siang dipenuhi para pelajar dari berbagai tingkatan dan asal sekolah. Mereka yang  terbagi dalam 265 tim robotik tingkat SD, SLTP dan SLTA itu datang untuk mengikuti kontes robot pintar Yogyakarta ke-10 tahun 2017. Kontes robot diselenggarakan selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu, 4 dan 5 November 2017 dan dibuka oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Drs. Heroe Poerwadi. 

Heroe Poerwadi mengatakan kontes robot itu merupakan kontes rutin yang diselenggarakan oleh Taman Pintar Yogyakarta  bekerjasama dengan beberapa stake holder.  Tujuannya, adalah untuk menggali penggemar dan peminat terutama mereka yang telah mengakrabi teknologi robot sejak duduk di bangku SD, SLTP, dan SLTA.

Heroe berharap dengan adanya kontes robot ini terbentuk sebuah komunitas penggemar tehnologi robot yang mengaplikasikan robotnya di kota Yogyakarta. “Jadi yang ikut kontes ini diharap membuat  komunitas sendiri, supaya mereka juga bareng bareng belajar tahap demi tahap teknologi robot yang semakin canggih dari hari ke hari,” harap Heroe.

Heroe mendorong masyarakat Yogyakarta terutama para pelajar dari segala tingkatan menjadikan Taman Pintar Yogyakarta sebagai indikator pertumbuhan dan perkembangan tehnologi robot di Indonesia. “Kontes ini diharapkan masyarakat Yogyakarta  terutama  para pelajar yang sudah memiliki minat di bidang tehnologi robot dapat menjadikan Taman Pintar  sebagai indikator pertumbuhan dan perkembangan tehnologi robot di Indonesia. Karena kita (Taman Pintar) selenggarakan terus menerus, rutin dan dari segala tingkatan.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Yunianto Dwi Sutono mengatakan sarana dan prasarana yang di Taman Pintar sudah siap untuk menjadi wahana tumbuh kembangnya robot di Yogyakarta. 

Afia Rosdiana, Kepala Bidang, Taman Pintar Yogyakarta menjelaskan Kontes Robot Pintar Yogyakarta (KRPY) merupakan kegiatan tahunan kontes robotik pelajar dan  tahun 2017 ini memasuki tahun ke-10. Kontes digelar di Phytagoras Hall, Gedung Kotak lantai 1 Taman Pintar dari tanggal 4 - 5 November 2017.

Afia menambahkan  jumlah peserta tahun ini meningkat pesat dibanding tahun sebelumnya. Tercatat sebanyak 265 tim. Satu  tim terdiri dari 3 siswa dan 1 guru pembimbing. Tahun lalu 211 tim. Mereka  berasal dari berbagai kota di  DI. Yogyakarta dan Jawa Tengah. Peserta KRPY tahun ini juga datang dari Bekasi,”terangnya.

Dirinya menambahkan KRPY 2017 ini melombakan lima kategori  yakni kategori A (Senior) sebanyak 82 tim, kategori B (Yunior) 41 tim, kategori C (Expert) 23 tim, Kategori D – Robot Yudha (Umum) 41 tim, Kategori E (Sekolah Dasar) 78 tim.

Dijelaskan, kategori A (Senior) mempertandingkan robot beroda untuk meniti garis (Line Follower Robot/LFR) dan pemadam api dengan konstruksi automatisasi tanpa mikrokontroler.  Peserta adalah pelajar SMA/SMK atau sederajat, dan pada tahun 2017 kategori ini ditawarkan kepada peserta SMP yang mampu dan berminat.  Di Kategori B (Yunior) mempertandingkan robot beroda untuk penjejak cahaya (Light Surveillance Robot/LSR) dan pemadam api dengan konstruksi manual tanpa mikrokontroler, Kategoro ini diperuntukan  bagi peserta  pelajar SMP atau sederajat.

Untuk kategori C (Expert) juga dipertandingkan robot beroda untuk meniti garis (Line Follower Robot/LFR) dengan konstrusi menggunakan mikrokontroler yang diprogram untuk menyusuri labirin (maze) dengan beberapa tantangan di dalamnya. Kategori ini diikuti oleh  pelajar SMA/SMK sederajat. Sedangkan, pelajar SMP atau sederajat boleh mengikuti Kategori C (Expert) dengan syarat  telah mengikuti atau terdaftar di kategori B (Yunior).  Kategori D – Robot Yudha (Umum) mempertandingkan robot beroda kendali cahaya dengan sistem saling dorong antar robot hingga keluar arena. Untuk kategori ini diikuti oleh bagi pelajar SD, SMP, dan SMA/K sederajat. Kategori E (Sekolah Dasar) Pertandingan robot yang diperintah melalui sebuah pengendali jarak jauh untuk mengumpulkan bola bertanda yang sesuai dengan soal perhitungan tertentu. Kategori ini dikhususkan bagi peserta dari pelajar SD atau sederajat.

Kontes Robot Pintar Yogyakarta” (KRPY) 2017 memperebutkan trophy tetap KRPY dari Walikota Yogyakarta. Taman Pintar juga menyediakan beragam hadiah menarik untuk para pemenang. (@mix)