Perkuat Sinergisitas Dengan Pertemuan Kelembagaan

Sebagai mitra kerja Pemerintah di tingkat kecamatan dan kelurahan. Keberadaan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) selama ini sangat membantu berbagai kegiatan di kelurahan.

Untuk tetap menjaga sinergisitas tersebut, Senin malam (23/10), Wakil Walikota Yogyakarta Yogyakarta, Heroe Poerwadi bersama asosiasi LPMK Kota Yogya menggelar pertemuan bersama di pendopo Kecamatan Umbulharjo.

Menurut Heroe antara Kecamatan, kelurahan dan LPMK harus bersinergi, salah satunya lewat forum komunikasi bersama LPMK. Dengan adanya komunikasi ini, ketiganya bisa terjalin dengan baik. “Karena LPMK bisa berperan dalam menggerakkan pemberdayaan masyarakat di wilayahnya untuk mendukung kegiatan pemerintahan,” ujarnya.

Karena, lanjutnya, LPMK Kota Yogyakarta merupakan lembaga yang sejajar dengan eksekutif pemerintahan. Oleh karena itu, LPMK harus betul-betul menjadi mitra eksekutif dalam melakukan fungsi pengawasan terhadap kinerja Pemerintah Kota Yogyakarta.

“LPMK-lah yang pertama kali mengkritisi sehingga lembaga lain yang mengatasnamakan masyarakat tidak punya kesempatan untuk mendompleng” katanya

Ia menegaskan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pemerintah bisa efektif dengan adanya dukungan dari masyarakat. Apabila masyarakat selalu aktif dalam berpartisipasi, semua kagiatan akan lancar.


“Komunikasi antara aparatur Kecamatan, kelurahan, LPMK, dan warga di masing-masing RT haruslah berjalan sinergi. Karena keberhasilan program pemerintah tidak mungkin diraih oleh kelurahan tanpa adanya partisipasi dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat,” tegasnya. (Han)