Gudep 03027-03028 SMPN 1 Kota Yogyakarta Wakili Kwarda Pramuka DIY dalam LT-V 2017

Gugus Depan 03027-03028 yang berpangkalan di SMPN 1 Kota Yogyakarta yang terdiri dari Regu Garuda (putra) dan Regu Beringin (putri) maju mewakili Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka DIY dalam Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima (LT-V) 2017 yang akan diselenggarakan pada tanggal 22-28 Oktober 2017 besok di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta. Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Purwadi yang berkesempatan melepas rombongan berpesan kepada seluruh peserta untuk mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh, baik fisik maupun mental serta menjaga kekompakan antar anggota.

“Persiapkan diri dengan sungguh-sungguh, agar apa-apa yang jadi tantangan dapat diatasi, jangan sampai di sana tidak tenang karena stress atau terganggu dengan lingkungan sekitar.  Setiap anggota harus saling menjaga. Jangan lupa untuk kompak, saling mendorong dan tidak menonjolkan diri sendiri” Pesan Wawali ketika melepas rombongan, Rabu (18/10) siang di Ruang Yudhistira, Komplek Balaikota.

Lebih lanjut Wakil Walikota juga meminta agar selama menjalani perlombaan, peserta menjaga nama baik Kota Yogyakarta dan memberi contoh kepeloporan bagi yang lain.

“Jogja itu punya wibawa, maka jaga nama baik Jogja dan beri contoh kepeloporan supaya peserta lain paham kita memang mampu, patut dihargai, dan patut diapresiasi” Pinta Wawali.

Sementara, dituturkan oleh Muhammad Mulyadi selaku Pembina Satuan Penggalang Gudep 03027-03028 SMPN 1 Kota Yogyakarta, pihaknya sudah mempersiapkan diri dengan matang melalui latihan selama empat bulan belakangan ini, antara lain melalui kegiatan Persami yang dilaksanakan sejak bulan September lalu.

“Harapannya tentu juara pertama, karena pada penyelenggaraan LT-V lima tahun lalu kami juga berhasil juara pertama apalagi seluruh anggota kami sudah mencapai tingkat Garuda, atau level elit dari Pramuka” Tutur pria yang akrab dipanggik kak Memet ini.

LT-V sendiri merupakan kegiatan perlombaan lima tahunan yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka sebagai wahana pendidikan bagi Pramuka Penggalang di Indonesia dalam mengintegrasikan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang membingkais piritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisiknya (SESOSIF) anak. Dalam penyelenggaraan tahun ini, terdapat sekitar 30 lomba yang dibagi dalam tujuh kelompok, yakni Penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka, Ketrampilan Kepramukaan dan Manajerial, Bela negara, ketrampilan Hidup, Ketrampilak Kewirausahaan, Seni dan Budaya Bangsa, dan Teknologi dan Informasi.

Yogyakarta sendiri selalu menjadi langganan juara dalam penyelenggaraan LT_V, di antaranya tahun 1983, 1987, 1994, dan terakhir 2012 yang juga dijuarai oleh Gudep SMPN I Kota Yogyakarta. (ams)