Tiga Puskesmas di Yogyakarta Siap Diakreditasi

Sebanyak tiga Puskesmas yakni Puskesmas Pakualaman, Ngampilan dan Kraton siap mengikuti akreditasi tahun ini. Ketiganya akan Dinilai oleh tim surveyor akreditasi pusat selama empat hari Sejak 16 oktober - 19 oktober 2017.

“Dari 18 puskesmas di Yogyakarta, 5 puskesmas sudah terakreditasi pada tahun 2015 dengan 1paripurna. Sementara tahun 2016 ada 9 puskesmas yang telah terakreditasi dengan 1 paripurna. Dan 5 puskesmas diagendakan survey akreditasi tahun ini, “ papar Kepala Dinas Kesehatan Yogyakarta Fita Yulia Kisworini disela-sela Pra opening meeting Survey akreditasi puskesmas di hotel horison, Minggu (15/10) malam.

Akreditasi ini menurutnya dilakukan untuk meningkatkan Mutu pelayanan dan kesehatan pasien ,meningkatkan perlindungan bagi sumber daya Manusia kesehatan, masyarakat, Lingkungan .

Sementara itu wali kota Yogyakarta haryadi suyuti menuturkan, pelayanan kesehatan merupakan sebuah pelayanan yang sangat berdimensi kemanusiaan, serta penuh dengan semangat pengabdian.

“Karena itulah, beragam gambaran kritik, saran, maupun pujian yang tertuju kepada Rumah Sakit maupun Puskesmas sebagai salah satu tempat pemulihan kesehatan individu ataupun masyarakat, senantiasa muncul di tengah-tengah masyarakat,” imbuhnya.

Ia menilai sikap kritis yang kerap dilontarkan kepada Rumah Sakit atau Puskesmas atau fasilitas kesehatan oleh masyarakat dewasa ini semakin lugas dan tanpa tendensi. Masyarakat semakin dewasa dan cerdas dalam mengutarakan hak-haknya pada pelayanan kesehatan.          

“Tentu hal tersebut menjadi teguran kita bersama guna menghadirkan semangat pelayanan yang professional, berbudaya, dan humanis,” jelasnya.

Akreditasi dapat menjadi salah satu pintu guna menjembatani ekspektasi masyarakat yang begitu tinggi akan pelayanan kesehatan prima dengan kemampuan tenaga kesehatan pada Rumah Sakit atau Puskesmas.

Sementara itu ketua tim survey akreditasi Siti Wahyuningsih mengatakan, Puskesmas di Kota Yogyakarta melaju begitu cepat sejak mengikuti akreditasi pada 2015 lalu. “Grafiknya kian meningakat,” paparnya.

“Akreditasi ini bertujuan meningkatkan mutu pelayanan puskesmas yang ada di Kota Yogyakarta,” ucapnya.

Kriteria penilaian akreditasi puskesmas diantaranya standar administrasi dan manajemen yang meliputi penyelenggaraan pelayanan kesehatan, kepemimpinan dan manajemen puskesmas, serta peningkatan mutu puskesmas.

“Selain itu juga ada standar program puskesmas yang harus dipenuhi. Yaitu Program Puskesmas yang Berorientasi Sasaran (PPBS), Kepemimpinan dan Manajemen Program Puskesmas (KMPP), serta Sasaran Kinerja dan MDGs (SKM),” imbuhnya. (Tam)