Kecamatan Danurejan Raih Juara Pertama Pada Gelaran Wayang Jogja Night Carnival Tahun 2017

Kecamatan Danurejan berhasil meraih juara terbaik pertama pada gelaran Wayang Jogja Night Carnival yang juga merupakan pergelaran puncak peringatan Hari Ulang Tahun Ke-261 Kota Yogyakarta yang jatuh pada tanggal 7 Oktober lalu.

Sedangkan untuk juara terbaik kedua dan ketiga jatuh pada Kecamatan Kotagede dan Kecamatan Umbulharjo. Sementara untuk juara Favorit jatuh pada Kecamatan Wirobrajan. Penyerahan hadiah tersebut diserahkan langsung oleh Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dan didampingi Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.

Pada kesempatan tersebut Walikota mengatakan jika dengan adanya 4 pemenang tersebut agar dapat memberikan motivasi pada Kecamatan lain untuk bisa lebih meningkatkan kreasinya pada gelaran Wayang Jogja Night Carnival tahun depan.

"Akan ada banyak kreasi yang bisa diangkat dari tema wayang ini. Saya pun yakin jika pada penyelenggaraan selanjutnya akan semakin baik. Tanggapan masyarakat selama dua kali penyelenggaraan pun selalu baik," katanya di sela acara Jenang Sumsuman untuk mengevaluasi rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-261 Kota Yogya di Ruang Bima komplek Balaikota Yogyakarta, Rabu (11/10).

Bahkan Ia pun optimis jika Wayang Jogja Night Carnival mampu menembus agenda wisata nasional karena kegiatan karnaval tersebut memiliki keunikan dari tema yang diangkat, yaitu cerita di balik tokoh-tokoh pewayangan.

“Pergelaran Wayang Jogja Night Carnival akan kami diusulkan ke Kementerian Pariwisata agar menjadi bagian dari agenda wisata nasional” katanya.

Namun, lanjutnya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar Wayang Jogja Night Carnival bisa masuk dalam agenda nasional, salah satunya adalah jumlah penyelenggaraan kegiatan.

"Minimal, Wayang Jogja Night Carnival sudah diselenggarakan selama lima tahun berturut-turut. Sampai saat ini, kegiatan ini sudah digelar untuk kedua kalinya secara berturut-turut," ujarnya.

Untuk acara Pergelaran Wayang Jogja Night Carnival, Walikota mengungkapkan akan melakukan perubahan lokasi penyelenggaraan kegiatan dari sebelumnya di seputaran Tugu Yogyakarta akan dialihkan ke kawasan Malioboro seperti penyelenggaraan Jogja Java Carnival beberapa tahun lalu. (Han)