Netizen Turut Meriahkan HUT Kota Yogyakarta

Peringatan hari ulang tahun ke-261 Kota Yogyakarta mendapat sambutan positif dari netizen atau warga media sosial, terbukti dari ramainya tagar #HUT261Jogja dan #WayangJogjaNightCarnival di dua platform media sosial terpopuler di dunia, yakni Twitter dan Instagram. Walikota Yogyakarta menuturkan, tingginya coverage HUT ke-261 Kota Jogja di jagad maya tersebut merupakan hasil kerja keras dari berbagai pihak yangg terlibat dalam penyelenggaraan peringatan HUT ke-261.

“Ini adalah hasil kerja keras orang-orang yang ada di belakang layar, baik camat, lurah, tim kreatif, serta masyarakat yang terlibat. Untuk ini saya mengapresiasi setinggi-tingginya” Tutur Walikota dalam acara Jenang Sungsuman yang menjadi post-event dari rangkaian kegiatan HUT ke-261 Kota Yogyakarta, Rabu (11/10) sore di Ruang Bima, Komplek Balaikota

Lebih lanjut walikota berharap untuk ke depannya, gelaran HUT ke-261 Kota Yogyakarta dengan Wayang Jogja Carnival sebagai puncaknya terus digarap dengan serius sehingga tidak hanya menjadi event tingkat regional, namun juga menjadi agenda wisata nasional dan dikenal hingga level internasional.

“Saya puas dengan gelaran kali ini, namun saya meminta agar pihak-pihak yang terlibat tidak berpuas diri, terus kembangkan gelaran Wayang Jogja Night Carnival agar semakin berkualitas dan dikenal. Saat ini  sudah ada pembicaraan dengan Kementerian Pariwisata supaya Wayang Jogja Night Carnival bisa masuk dalam agenda wisata nasional ” Tandas Walikota.

Popularitas peringatan HUT ke-261 Kota Yogyakarta di dunia maya sendiri dapat dilihat dari tagar #HUT261Jogja dan #WayangJogjaNightCarnival yang sempat menghuni trending topic ata topik yang paling banyak diahas di media sosial berbasis microblogging, twitter. Terpantau sejak hari Sabtu (7/10) sore hingga Minggu (8/10) siang, tagar #HUT261Jogja mampu menduduki peringkat pertama trending topic twitter dengan jumlah tweet atau cuitan sebanyak lebih dari 100ribu, sementara tagar #WayangjogjaNightCarnival menduduki peringkat ketiga. Tagar #HUT261Jogja juga turut dipopulerkan oleh beberapa pesohor seperti politisi Muhaimin Iskandar, aktor Vino G.Bastian, dan Komika Wira Setianegara.

“Tetaplah tentram nyaman dengan sudut penuh cinta, Jogja. Kota yang terdiri dari 1% angkringan dan 99% kenangan. Dirgahayu! #HUT261Jogja” Demikian cuit alumni Kompas Stand Up Comedy Indonesia ke-5 yang kemudian di-retweet oleh 1.331 akun lainnya.

Keriuhan yang sama juga dirasakan di media sosial berbasiskan foto, Instagram, terpantau terdapat 2.394 post bertagar @HUT261Jogja dan 940 post bertagar #wayangjogjanightcarnival (ams)