Propinsi, Kota dan Kabupten Lain Ikut Pameran DI Jogja Expo 2107 Malioboro

Jogja Expo 2017 dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-261 Kota Yoyakarta digelar di Atrium Malioboro Mall Kota Yogyakarta. Kali ini sebanyak 29 peserta dari berbagai Propinsi, Kota dan Kabupaten di Indonesia menggelar produk unggulan dari daerahnya masing-masing.  Jogja Expo 2017 yang berlangsung  dari tanggal 15 -18 September 2017  dan  bertemakan “ Produk Unggulan dan Peluang Investasi ini dibuka oleh Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti.

Walikota mengatakan iven pameran seperti Jogja Expo 2017 ini merupakan wahana untuk mengangkat  produk lokal ke kanca yang lebih tinggi. “Kami berterima kasih  karena iven ini akan mengangkat produk lokal ke kanca yang lebih tinggi, “ ujar Haryadi.

Walikota menambahkan bahwa dengan mengikuti sebuah pameran secara tidak langsung juga mengenalkan kota atau kabupaten  kepada daerah lain. “Sekarang kita didatangi tamu dari luar. Harapan kami dengan kota Yogyakarta mempromosikan kegiatan ini kita bisa melihat kemajuan dari industri perdagangan khususnya yang berkaitan dengan usaha mikro kecil dan menengah daerah lain,” tambah  Haryadi.

Haryadi mengatakan tahun depan Kota Yogyakarta akan memulai dengan melakukan pameran produk unggulannya ke daerah lain. “Insya’allah tahun depan kita akan (mengadakan) khusus pameran produk Yogyakarta di luar kota Yogyakarta. Mangga ini dijajagi, Mau di Belitung Timur, Malang, atau Kutai,  boleh, Imbuhnya. Pemkot Yogyakarta akan menjajagi  tempat pertama yang akan disinggahi  untuk kegiatan pameran di luar kota Yogyakarta. Sebaliknya Pemkot Yogyakarta membuka kesepatan kepada daerah lain untuk melakukan kegiatan pameran produk unggulannya di Kota Yogyakarta.

Ditambahkan, pameran ini juga akan  menjadi  wahana untuk berkangen kangenan dengan  kuliner dari masing masing daerah. “Jadi kangen ini bukan saja pada orang atau kelompok masyarakat tetapi  juga pada kuliner- kuliner dari daerah,  yang memiliki  kekhasan tersendiri,” imbuhya.

Walikota berpesan agar semua peserta membuat kesan yang baik agar mendapat respon yang baik pula dari para konsumen. Tak lupa Walikota juga mendoakan agar semua dagangan laris manis terjual.

Ketua panitia Jogja Expo 2017, Dedi Saefudin  mengatakan pamerah tahunan yang didisain secara khsusus dalam untuk  menyemarakkan acara HUT Kota Yogyakarta 261. Jogja Expo 2017 juga  merupakan agenda  strategis untuk mempromosikan produk unggulan daerah serta meningkatkan penguat investasi dan daya saing produk dalam negeri khususnya bagi produk yang dimiliki oleh berbagai daerah  di Indonesia.  Dirinya  berharap Jogja Expo 2017 ini mampu menciptakan pasar bisnis berskala global.

Dedi menambahkan peserta Pameran Jogja Ekspo 2017 diikuti oleh  instansi  dari Propinsi, kabupaten kota, BUMN, dan BUMD.  Selain peserta dari Kota Yogyakarta iven ini diikuti pula peserta dari propinsi Lampung,  Sumatera Utara,  Kabupaten Belitung Timur , Kabupaten Halmahera Utara,  Kediri, Bogor raya, Kudus, Kutai Barat, Langkat,  Muko-Muko, dan Tulung Agung, Kota Malang, Kota Salatiga, Yogyakarta,  Balai Besar POM  Yogyakarta,  dan sekiar 30 pelaku  UKM Mandiri lainnya yang memanfaatkan stand yang ada.

Produk unggulan yang dipamerkan berupa kuliner, batik, souvenir, fashion, kerajinan, dan lainnya.  (@mix)