Lomba Pentas Seni PAUD se-Kecamatan Tegalrejo

Rangkaian acara peringatan HUT ke-261 Kota Yogya yang bertemakan Bersama Membangun Jogja telah dimulai dengan acara Wiwitan pada tanggal 7 September lalu. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, gelaran Festival Rakyat Jogja untuk gelar potensi kesenian yang sebelumnya pelaksanaannya ada di masing-masing kelurahan, dipusatkan di satu lokasi dengan keterlibatan lebih dari satu kelurahan.

Untuk kecamatan Tegalrejo, pelaksanaan perayaan HUT Kota Yogyakarta dipusatkan di lapangan Karangwaru Jalan Magelang. Diawali dengan Pentas Seni dan Kreatifitas PAUD se Kecamatan Tegalrejo pada hari Jumat (15/9) pagi dan beragam acara lainnya.

Menurut salah satu panitia, Arfandi Ibrahim, gelaran perayaan HUT Kota Yogyakarta di kecamatan Tegalrejo diisi dengan gelar potensi kesenian dari masing-masing kelurahan.

“Tahun ini, perayaan HUT Kota Yogyakarta tingkat kecamatan Tegalrejo bertema Tegalrejo Membahana, karena di satu lokasi ada 5 panggung sebagai ajang unjuk gigi potensi seni masing-masing kelurahan. Selain itu, ada juga pasar rakyat yang diisi oleh para UKM se Kecamatan Tegalrejo. Dan antusiasme UKM sangat luar biasa, semua tempat yang disediakan panitia telah terpenuhi”, ujar Arfandi.

Gelaran perayaan HUT Kota di Kecamatan Tegalrejo sangat berbeda dibandingkan dengan tempat lain, karena dilangsungkan selama 2 hari, yaitu Jumat dan Sabtu (15-16/9) dan rencananya akan dihadiri oleh Bapak Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta beserta ibu sekaligus membuka acara perayaan HUT Kota Yogyakarta di Kecamatan Tegalrejo. Panitia bahkan menyiapkan meriam bambu (long bumbung) sebagai tanda pembukaan.

Sementara itu Pentas Seni dan Lomba Kreatifitas PAUD se Kecamatan Tegalrejo yang mengawali perayaan HUT Kota Yogyakarta di kecamatan Tegalrejo berlangsung meriah. Aksi anak-anak PAUD se Kecamatan Tegalrejo di lapangan Karangwaru Jum’at pagi itu sangat menghibur tamu undangan yang hadir. Ada beragam potensi seni maupun drama yang ditampilkan anak-anak PAUD se Kecamatan Tegalrejo.

Ketua Forum PAUD Kecamatan Tegalrejo, Farida El Zuhriya mengungkapkan apresiasinya kepada para pengelola PAUD yang bersedia memeriahkan acara hari itu.

“ Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas partisipasi para pengelola PAUD se Kecamatan Tegalrejo dalam memeriahkan perayaan HUT Kota ke 261. Semoga para pengelola PAUD tetap semangat dalam mendampingi anak didiknya di masing-masing Satuan PAUD Sejenis (SPS)”, harapnya. (Kurniawan Sapta Margana)