Pentas Rakyat Kecamatan Ngampilan Sambut HUT Kota Jogja, Meriah

Pentas rakyat  menyambut hari jadi Kota Yogyakarta ke-261 di kecamatan Ngampilan berjalan semarak. Pentas Rakyat yang digelar di eks pabrik tegel Kuntji, Sabtu, (09/09/17) malam,  menampilkan potensi seni dan budaya dari dua kelurahan yang ada di kecamatan Ngampilan yakni kelurahan Ngampilan dan Notoprajan.

Acara dibuka dengan penampilan kelompok  karawitan Ngesti Laras dan  persembahan tari Tenong serta tari penyambutan, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan sambutan camat Ngampilan.

Camat kecamatan Ngampilan Tauhid dalam sambutannya mengajak  warga masyarakat Ngampilan untuk ikut berpartisipasi memeriahkan hari ulang tahun Kota Yogyakarta yang ke-261. “ Ini adalah pesta kita. Pestanya rakyat Kota Yogyakarta, pestanya rakyat Ngampilan,” ujar Tauhid.

Kegiatan kewilayahan yang dikemas dalam pesta seni rakyat Ngampilan ini menurut Tauhid  adalah upaya menumbuhkan kebersamaan warga serta wahana melestarikan seni dan budaya.

Tauhid berpesan agar momentum HUT Kota Jogja juga menjadi perekat bagi warga untuk ikut membangun kota Yogyakarta. Dirinya menghimbau agar warga Ngampilan ikut juga menjaga keamanan, kenyamanan dan kebersihkan wilayahnya untuk  mendukung Yogyakarta yang tertib, aman, nyaman dan bersih.  Dirnya juga berharap warga masyarakat terus melestarikan potensi seni dan budaya yang ada di wilayahnya masing-masing. Dengan demikian , lanjut Tauhid, banyak wisatawan yang  datang ke Yogyakarta akan  menikmati keberagaman seni dan budaya yang ada, sehingga akan membawa dampak yang positip bagi kehidupan perekonomian di Kota Yoyakarta.

Ditambahkan, tema HUT Kota ke-261 adalah Bersama Membangun Yogyakarta. Tema ini diharapkan dapat menggugah warga Ngampilan untuk bersama, bergotong royong membangun kota Yogyakarta dalam berbagai aspek kehidupan.

Pada puncak peringatan HUT Kota Jogja tanggal 07 Oktober 2017 nanti akan digelar Wayang Jogja Night Carnival #2  dan Kecamatan Ngampilan akan membawakan wayang bertemakan  Drupadi.  Dikatakan, pada karnaval  260 (2016)  kemarin  kecamatan Ngampilan keluar sebagai juara 2.

Tauhid  mengajak warganya agar memasang  lampion  HUT 261 mulai tanggal 15 September-15 Oktober 2017. Pemasangan ini menurutnya sebagai ungkapan  tanda tali kasih tehadap kota Yogyakarta.

Usai sambutan,  tari Ciput Cipit dan ensambel pimpinan Rendy dengan beberapa buah lagu membuat suasana semakin meriah. Fragmen dengan tema Bersama Membangun Jogja melengkapi pentas rakyat di Ngampilan.

Ikut hadir dalam pgelaran pesta rakyat ini perwakilan dari Tapem dan Kesra Pemkot Yogyakata,  camat, Forkompim kecamatan, para lurah, LPMK, LSM di kelurahan dan kecamatan, tokoh masyarakat dan warga masyarakat. (@mix)