Walikota Yogyakarta Luncurkan Logo Hut Kota Jogja 261

Setidaknya selama satu bulan kedepan, Kota Yogyakarta akan dimeriahkan oleh rangkaian kegiatan perayaan HUT Kota Yogyakarta ke-261 yang jatuh pada 7 Oktober 2017 mendatang. Beragam acara seni budaya dan atraksi hiburan telah dipersiapkan untuk memanjakan masyarakat.

Sebagai rangkaian awal, Kamis (7/9) malam digelar acara wiwitan yang merupakan acara perdana guna mengawali ikhtiar selama satu bulan kedepan untuk mengungkapkan rasa syukur atas usia 261 Kota Yogyakarta, sekaligus peluncuran logo HUT ke-261 di halaman Balaikota yang dipimpin langsung oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan di dampingi oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.

Logo berbentuk gunungan wayang yang dihiasi sejumlah ornamen tersebut sarat makna filosofis. Walikota menjelaskan, dipilihnya Gunungan Wayang merupakan representasi atau ciri yang melekat pada kehidupan masyarakat Jawa. Dalam Gunungan tersebut tergambar motif Flora Hijau pada ornament Lampu Jogja yang melambangkan Masyarakat/Rakyat.

“Motif Lengkung Emas melambangkan Raja/Penguasa. Sedangkan Ulir seperti pada Tugu Jogja diartikan sebagai KeEsaan Tuhan. Ada pula ornament Umpak Joglo bermakna Muhammad/Spirit Rasulullah dan pada bagian atas terdapat motif ekor Garuda yang melambangkan cita-cita yang tinggi” katanya.

Sehingga dengan demikian, lanjutnya, Logo HUT Kota Yogyakarta 261 memiliki filosofi yang dapat diartikan keindahan akan terjalin ketika seluruh elemen masyarakat bersatu dengan pemimpinnya, dan pemimpin selalu mengayomi masyarakat dengan tetap berlandaskan norma agama sehingga menuju Kota Yogya yang berkembang dan akan mewujudkan cita-cita bersama.

Pada HUT Kota Yogyakarta ke-216 ini Walikota berharap agar masyarakat dapat berperan aktif dalam memaknai ulang tahun Yogyakarta dengan berbagai aktifitas yang dilaksanakan oleh masyarakat.

“Mudah-mudahan masyarakat akan lebih merasakan gregetnya ulang tahun Kota Jogja sehingga warga Jogja dapat berkreasi dalam rangka menunjukkan kecintaannya pada Yogyakarta. Marilah dengan semangat HUT Kota Yogyakarta ke-261  kita perbaharui kembali semangat handarbeni, rasa kebersamaan dan gotong royong, kita jadikan Kota Yogyakarta sebagai Kota berkemajuan melalui spirit” harapnya (Han)