TP PKK Kecamatan Pakualaman Gelar Pelatihan Merangkai Bunga

Bertempat di Pendopo Samiaji Kecamatan Pakualaman, Senin (28/8), Kelompok Kerja (Pokja) III Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Pakualaman menggelar Pelatihan Merangkai Bunga. Program yang terlaksana dengan anggaran Kecamatan Pakualaman tersebut diikuti 50 peserta, perwakilan dari 19 RW, TP PKK Kelurahan, serta TP PKK Kecamatan.

Camat Pakualaman, Sumargandi, menjelaskan, pelaksanaan Pelatihan Merangkai Bunga berdasarkan usulan kader TP PKK melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2016.

“Tujuan dari pelatihan ini, agar seni merangkai bunga digemari masyarakat, sehingga bermanfaat langsung. Ketika ada acara pernikahan, tasyakuran, peringatan hari-hari besar nasional atau keagamaan warga dapat dengan mandiri menyajikan rangkaian bunga, baik bunga meja atau bunga tangan,” ujarnya.

Menurut Camat, nuansa indah sejuknya daun dan bunga alami di ruang dan tempat acara, cocok dengan semangat mendukung Kota Yogyakarta yang Nyaman Huni.

Instruktur pelatihan dari Cempaka Dekorasi, Wiwid, menambahkan, inti dari merangkai bunga adalah kemampuan memahami jenis-jenis bunga secara materi, baik warna maupun fungsi.

“Untuk apa bunga itu, sesuai dengan tema, tempat, dan acara,” ucap Wiwid.

Ia menuturkan, ada banyak jenis seni merangkai bunga. Pada pelatihan kali ini, peserta diajak mempelajari seni merangkai paling sederhana, yaitu bunga meja dan bunga tangan.

Pelatihan Merangkai Bunga menggunakan bunga potong, yang terdiri dari bunga krisan putih, mawar merah, daun sirih belanda ukuran ‘S’, daun florida beauty dan cornelia sebagai pelembut.

“Bunga pelembut berfungsi mengisi ruang kosong dengan jumlah yang sedikit dan tidak mendominasi. Untuk medianya kita menggunakan oasis yang sudah direndam di air. Dan terakhir, untuk bunga yang mekar atau besar, tangkainya dipotong pendek,” terang Wiwid.

Semua bahan tersebut, lanjutnya, dapat dimanfaatkan kembali. Jadi, tidak ada yang terbuang.

“Mawar dan krisan bisa dibikin teh yang manfaatnya baik untuk kesehatan. Florida beauty bisa ditanam kembali,” pungkasnya.

Pelatihan berjalan lancar dan antusias peserta luar biasa. Pelatihan ditutup dengan pengumuman Lomba Merangkai Bunga Pekarangan atau Kebun, yang akan dilaksanakan pada Rabu (20/9). (Hardiana Pratiwi/Kecamatan Pakualaman)