Wakil Gubernur DIY  Serahkan Sapi Qurban Ke Kota dan Kabupaten

Wakil Gubernur DIY, Sri paduka Paku Alam ke-X menyerahkan  8 ekor sapi qurban  kepada Kota dan Kabupaten di wilayah DIY.  Dari kedelapan sapi itu  1 ekor merupakan pemberian Presiden RI  Joko Widodo.  Sapi pemberian Presiden diserahkan kepada Kabupaten Bantul khususnya warga masyarakat Pundong Bantul.  

Plt Kabag. Pelayanan di  Biro Umum dan Protokol Sekretariat Daerah DIY, Iswato,S.IP menjelaskan  kedelapan sapi diberikan kepada masjid besar Kauman 1 ekor, Masjid Gede Puro Pakualaman (1), Kota Yogyakarta (1), kabupaten Sleman (1), kabupaten Kulon Progo (1) Kabupaten Gunung Kidul (1), dan kabupaten Bantul (2) termasuk pemberian Presiden.

Dikatakan  semua sapi   dibeli dari para petani di Cangkringan kabupaten Sleman dan berjenis PO.  Harga satu ekor sapi untuk masjid besar Kauman dan Puro Pakualaman sebesar Rp. 30 juta dan untuk kabupaten dan kota seharga Rp. 22 juta.  Sementara itu,  sapi pemberian Presiden RI seharga Rp.45 juta dengan berat kurang lebih 800-900 kilogram.

Dijelaskan penyerahan sapi qurban tahun ini lebih maju sehari, dibanding tahun sebelumnya. Hal ini, dimaksudkan agar panitia mempunyai waktu sehari untuk memelihara  sapi sapi itu sebelum dikorbankan.

Penyerahan sapi qurban dilakukan di halaman Kepatihan DIY, Rabu, (30/08/2017). Untuk Kota Yogyakarta diterima oleh staf  ahli bidang pemerintahan, Muh. Sadjono. Menurut Sardjono sapi itu akan diserahkan kepada masyarakat.(@mix)