Peringatah HUT Ke-72 Kemerdekaan  RI  Berjalan Semarak, Dimeriahkan dengan Sosiodrama Komunitas Pejuang 45 Jogja

Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, tanggal 17 Agustus 2017 di Balaikota Yogyakarta berjalan meriah.  Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti bertindak sebagai inspektur upacara.

Upacara diawali dengan penampilan sosiodrama  yang menyeritakan tentang perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah Belanda dan Jepang. Suara dentuman meriam dan tembakan (mercon) serta teriakan pejuang dan masyarakat berperang melawan penjajah  membawa peserta  dan tamu undangan  hanyut dalam suasana perjuangan. Sosiodrama yang disutradarai oleh Eko Sugiantoro itu, diakhri dengan teriakan merdeka dan lambaian bendera merah putih  serta sorak sorai warga masyarakat menyambut kemerdekaan di tanggal 17 Agustus 1945.

Tepat pukul 10.00 wib sirene dan bunyi-bunyian dibunyikan selama 1 menit, tanda detik detik Proklamasi di kumandangkan. Ketua DPRD Kota Yogyakarta membacakan teks Proklamasi kemudian disusul lagu  mengheningkan cipta. Tak lama berselang komando untuk memulai upacara terdengar. Derap langkah para petugas pengibar bendera memecah kesunyian. Petugas pengibar yang tergabung dari para siswa terbaik dari SLTA di Kota Yogyakarta dan personil dari Kepolisisn, TNI AD, TNI AL dan TNI AU mampu mneyelesaikan tugas mereka dengan mulus dan nyaris  tanpa kesalahan. Suasa upacara apel bendera pada pagi itupun dimeriahkan dengan Aubade alunan lagu lagu perjuangan dari para siswa SMP Negeri 05 Yogyakarta.

Atas prestasi yang gemilang itu Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada segenap petugas. "Apa yang kalian perbuat hari ini sudah  dicacat dalam lembaran sejarah perjalanan hidup bangsa ini dan hidup kalian sendiri.  Saya bangga dengan kalian. Semoga apa yang terjadi hari ini menjadi motivasi untuk menapaki hari esok yang lebih gemilang dan menjadi contoh bagi yang lain. Selamat," ujar Walikota saat beramah tama dengan semua petugas.

Walikota juga menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Upacara peringatah HUT ke-72 Kemerdekaan RI di hampir semua daerah berjalan tertib, aman, dan tidak terjadi insiden yang meresahkan masyarakat.

Hadir dalam upacara ini, segenap pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPINDA) Kota Yogyakarta, para anggota DPRD Kota Yogyakarta, Tokoh Masyarakat, Agama, LSM, para mantan Walikota dan Wakil Walikota, serta orangtua wali murid paskibraka. (@mix)