Membuat Roket AIr, Lomba 17-an ala Kampung Sains Karangkajen.

Kampung Karangkajen, Kelurahan Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan Kota Yogya yang berpredikat sebagai kampung sains sesuai surat penunjukkan dari Dinas Pendidikan Kota Yogya mulai menunjukkan eksistensinya sebagai kampung sains dengan menyelenggarakan lomba membuat water rocket/roket air dalam acara memeperingati HUT Kemerdekaan RI ke 72 Tahun 2017.

Dalam perlombaan itu, setiap kelompok beranggotakan dua anak. Keduanya saling bahu-membahu untuk menghasilkan roket air dengan luncuran terbaik dan tepat sasaran. Masing-masing kelompok mendapat dua kali kesempatan, untuk meluncurkan roket yang telah dipersiapkan.

Menanggapi inisiatif warga tersebut Dedi Budiono Kepala Bidang PNF Paud Disdik Kota Yogyakarta sangat mendukung keberlangsungan agenda yang sangat mendidik tersebut. Menurutnya lomba tersebut merupakan event yang sangat positif karena dapat meningkatkan indeks literasi saint masyarakat Kota Yogya yang telah mengusung sebagai Smart City.

"Saya sangat mendukung keberlangsungan agenda yang sangat mendidik tersebut.Terlebih, di tengah budaya serba instan seperti saat ini, dibutuhkan sarana untuk memupuk kemampuan berpikir kritis dan membudayakan riset generasi muda" katanya di lokasi, Minggu (17/8).

Ia menjelaskan bahwa Kampung sains karangkajen ke depan akan terus didorong agar bisa tumbuh sebagai destinasi wisata sains di Kota Yogyakarta. Selain roket air, di Kampung Sains karangkajen juga akan dilengkapi dengan berbagai wahana edukasi sains yang berbasis rumah tinggal warga seperti hand on sains, kitchen sains, robotik, dan simple sains lainnya yang bisa menjadi dasar-dasar penumbuhan kecintaan anak dan remaja terhadap sains.

Ia berharap dengan adanya respon positif dari warga maka akan dapat memepercepat proses terwujudnya Kampung Sains Karangkajen sebagai salah satu destinasi wisata inovatif yang hadir di Kota Yogyakarta.

Peserta sangat antusias mengkikuti lomba, kedepan mereka akan merencanakan lomba roket tahap ke dua dengan cakupan peserta yang lebih luas. Semua roket berhasil meluncur, sehingga semua peserta mendapat hadiah. Total roket yang meluncur ada  25 roket. (Han)