Wujudkan Jogja Berkemajuan, Pemkot-Muhammadiyah Perkuat Sinergi

Bertempat di Ruang Yudhistira, Komplek Balaikota, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti pada hari Senin (14/8) malam mengundang jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta untuk saling bersilaturahmi dengan Pemerintah Kota Yogyakarta. Silaturahmi ini sendiri dimaksudkan untuk membangun sinergi antara Pemkot dengan PDM dalam rangka mendukung pembangunan di Kota Yogyakata demi mewujudkan Jogja Berkemajuan

“Saya menginisasi silaturahmi ini dengan harapan Muhammadiyah dan Pemkot bisa bekerja bersama dan bersinergi untuk kebaikan warga Kota Yogyakarta. Kerjasama ini sesuai dengan tema HUT RI ke-72, yaitu Kerja Bersama. Marilah bersama-sama bekerja untuk Indonesia” Kata Walikota

Lebih lanjut Walikota menuturkan, Muhammadiyah sebagai organisasi berbasiskan agama Islam yang tertua dan terbesar di Kota Yogyakarta selama ini telah turut serta dalam pembangunan di Kota Yogyakarta, baik dalam bidang pendidikan, keagamaan, kesehatan, maupun sosial kemasyarakatan dan hal tersebut harus selalu disinergikan dengan Pemerintah Kota hingga kerjasama di tingkat wilayah.

“Muhammadiyah memiliki aset yang sangat luar biasa, diharapkan aset yang ada tersebut bisa bersinergi dengan visi dan misi pemerintah. Perlu adanya komunikasi yang baik dari level kecamatan dengan jajaran pimpinan cabang Muhammadiyah, salah satunya bisa dengan mengundang PCM dalam Musrenbang, biar sama-sama ngerti program kegiatan masing-masing dan jika ada persoalan bisa ditangani lebih awal” Ungkap Walikota

Sementara, Wakil Walikota Yogyakarat, Heroe Purwadi mengatakan sinergi dapat diartikan sebagai kerjasama keroyokan, baik dari segi anggaran maupun kegiatan. Hal tersebut menurut Heroe dapat menjadikan program kegiatan lebih fokus dan tidak tumpang tindih satu sama lain.

“Jangan sampai program kegiatan itu jalan sendiri-sendiri tidak sinergi, kegiatan sama di tempat yang sama jadinya double dan nggak efektif. Sinergitas atau keberasmaan dalam sebuah kegiatan itu penting, yang digarisbawahi adalah bagaimana membuat Yogyakarta menjadi lebi baik. Semakin banyak yang ikut ngerampungke suatu hal yang jadi prioritas, semakin mudah pula menyelesaikannya” Imbuh Heroe.

PDM Kota Yogyakarat sendiri saat ini telah merumuskan enam supporting program di berbagai bidang, mulai dari sosial-kemasyarakatan, pendidikan, budaya, keagamaan, dan transportasi. Keenam supporting program tersebut menjadi program dari PDM Kota Yogyakarta sebagai bentuk dukungan terhadap  pokok pikiran visi dan misi Kota Yogyakarta di bawah kepemimpinan Haryadi – Heroe. Menurut Wakil Ketua PDM Kota Yogyakarta, Nur Ahmad Ghojali, program-program tersebut merupakan terjemahan dari rekomendasi Musyda PDM Kota Yogyakarta serta penjaringan aspirasi warga Kota Yogyakarta.

“Enam supporting program tersebut adalah keterlibatan PCM dan PDM di Musrenbang, penyelenggaraan Pameran Potensi Pendidikan, gerakan peduli budaya dan tatakrama di sekolah dan kantor sebagai bagian dari pencegahan radikalisme, gerakan safari subuh berjamaah berkala oleh Walikota, pengusahaan transportasi publik yang murah dan mampu menjangkau seluruh pelosok kota Yogyakarta, dan MoU berkaitan dengan BOSDA untuk SMA dan SMK di Kota Yogyakarta. PDM Kota Yogyakarat siap untuk diajak berkoordinasi oleh Pemkot dalam rangka mendukung pelaksanaanya” Kata Nur Ahmad Ghojali. (ams)