Meriahkan Pentas Seni Kampung Ramah Anak, Kecamatan Tegalrejo Gelar Lomba Fragmen

Sejak tumbuh 2011 yang lalu, kini telah terbentuk 170 Kampung Ramah Anak (KRA) di Kota Yogyakarta. Sejumlah 10 Kampung Ramah Anak tersebar di seluruh wilayah Kecamatan Tegalrejo.

Keberadaan Kampung Ramah Anak menjadi satu dari tiga amanat Perda Nomor 1 Tahun 2016 tentang Kota Layak Anak yang harus dijalankan, selain Sekolah Ramah Anak dan Pelayanan Kesehatan Ramah Anak.

Pada Minggu (6/8), bertempat di Pendopo Kecamatan Tegalrejo, diadakan Lomba Fragmen dan Pentas Seni KRA Antar-Kelurahan Tahun 2017. Acara yang dimulai pukul 07.00 ini mendapat perhatian dari warga, terutama peserta Lomba Fragmen maupun peserta Pentas Seni.

Acara dibuka Camat Tegalrejo, Sutini Sri Lestari, dan berlangsung meriah. Fragmen mengambil tema ‘unggah-ungguh’ yang berarti ‘sopan santun’, mengingat anak-anak saat ini kurang mengerti sopan santun.

“Dengan diadakannya Lomba Fragmen ini, diharapkan anak-anak paham bagaimana adab sopan santun, baik kepada yang lebih tua maupun sesama. Mereka kelak akan mengenal lagi kata ‘maaf’, ‘tolong’, dan ‘terima kasih’, sehingga anak-anak di masa depan akan berperilaku dan bertingkah laku sopan,” terang Camat Sutini, saat memberikan sambutan.

Keberadaan Kampung Ramah Anak di wilayah Tegalrejo, lanjutnya, harus didukung semua pihak, sebagai upaya pemenuhan Hak-hak Dasar Anak.

Dalam Lomba Fragmen Kampung Ramah Anak antar-kelurahan, ditampilkan potensi Kampung Ramah Anak tingkat kelurahan. Ketentuannya, jumlah penampil maksimal 50 orang dengan durasi 15 menit.

Tampil sebagai Juara Pertama, Kelurahan Karangwaru dengan menyajikan judul ‘Unggah-ungguh di Sekolah’. Juara Kedua diraih Kelurahan Tegalrejo dengan membawakan judul ‘Unggah-ungguh kepada Orangtua’. Sementara Juara Ketiga adalah Kelurahan Kricak dengan menampilkan judul ‘Generasi Anti-Narkoba’. Terakhir, Juara Keempat, jatuh pada Kelurahan Bener, dengan mengambil judul ‘Unggah-ungguh dalam Bergaul’.

Untuk Penampil Terbaik Acara Pentas Seni adalah Kelurahan Bener. Penampil Terbaik Kedua, Kelurahan Tegalrejo. Penampil Terbaik Ketiga, Kelurahan Karangwaru. Penampil Terbaik Keempat, Kelurahan Kricak.

Masing-masing lomba memiliki kriteria yang sama, yaitu kreativitas, kesesuaian tema, penampilan, dan kekompakan.

Salah satu peserta, Nana, menyampaikan kegembiraannya dapat berpartisipasi dalam acara ini.

“Saya sangat senang tampil dalam acara lomba yang diadakan kecamatan. Selain menambah wawasan, juga menambah teman. Saya berlatih selama seminggu lebih bersama teman-teman,” ucapnya. (Kurniawan Sapta Margana/Kecamatan Tegalrejo)