Kini Menunggu Bus Transjogja Kian Mengasikkan

K

Kini para pengguna transportasi umum bus Trans Jogja bisa semakin bertambah semangat untuk menaikinya, pasalnya Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogya telah menyediakan mini perpustakaan yang disebut “pojok baca halte bus” bagi para penumpang agar mereka dapat memanfaatkannya saat menunggu bus Trans Jogja.

Pojok baca tersebut dipasangkan di sebelah kanan pintu keluar berdekatan dengan pintu perekaman tiket. Jumlah buku berkisar sekitar 30 judul dengan materi beragam mulai dari anak-anak hingga umum.

Kepala Bidang PNF dan PAUD Disdik Kota Yogya, Dedi Budiono menjelaskan dengan adanya Pojok Baca ini penumpang yang menunggu bus Trans Jogja dapat menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

“Diresmikannya pojok baca ini juga untuk mendukung Gerakan Indonesia Membaca” ungkapnya usai meresmikan pojok baca di halte bus Transjogja Jalan Wardani, Kotabaru Yogyakarta, Senin (14/8)

Dipilihnya Halte Kotabaru ini, menurutnya karena di daerah tersebut terdapat beberapa sekolah dan banyak lembaga pendidikan. Rencana kedepan, semua halte trans Jogja akan dilengkapi dengan pojok baca tersebut.

“Untuk koleksinya, pojok baca ini memiliki sekitar 30-an jenis buku, mulai dari pendidikan, kesehatan, novel, agama dan lain-lain.”katanya.

Ia menambahkan jika Disdik Kota Yogya akan terus melakukan pemantauan untuk melihat sejauh mana minat baca masyarakat. “Apabila minat baca mereka tinggi maka koleksi buku akan di tambah. Buku - buku  tersebut diperoleh dari Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan dan kearsipan, serta ada juga donator buku.” Katanya.

Ia mengungkapkan kedepan akan terus menambahkan lokasi Pojok Baca Halte Bus tersebut. “Ada beberapa halte yang berada di lokasi strategis dan sudah mendapatkan ijin dari Dinas Perbuhungan Kota Yogya, seperti Halte gedongkuning, Malioboro, Taman parkir senopati, Ahmad Yani, Sudirman, RS Bethesda, Mt Haryono, SMAN 7 Yogya, SD Pujokusuman, Sugioyono, Tentara Pelajar, SMPN 14, Giwangan, SMK Muh 3, Pasarseni kerjainan.

Ia berharap dengan adanya pojok baca ini dapat semakin membuat nyaman para pengguna bus Trans Jogja. (Han)