FKY Kota Yogyakarta Resmi Dibuka,  Kepala Kebudayaan : FKY Wahana Tebarkan Ruh Budaya Kedamaian dan Keindahan Masyarakat Jogja

Festival Kesenian Kota Yogyakarta (FKY) ke-29 tingkat Kota Yogyakarta secara resmi dibuka oleh kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Ir. Eko Suryo Maharsono, Senin, (07/08/2017) malam di Plaza Pasar Ngasem, kelurahan Patehan Kecamatan Kraton Kota Yogyakarta.

FKY Kota Yogyakarta yang berlangsung dari tanggal 07-12 Agustus  2017 ini akan menampilkan segala potensi kesenian yang dimiliki oleh seniman dan kelompok seni yang ada di Kota dan dari luar Yogyakarta. FKY juga memberdayakan masyarakat sekitarnya dengan memberikan kesempatan untuk warga menjual aneka macam kuliner.

Warga masyarakat  Yogyakarta  dan wisatawan  dalam dan luar negeri dapat menikmati suasana  malamnya di Yogyakarta dengan menonton  aneka hiburan di Plaza Pasar Ngasem  dari sore hingga malam hari.  Panggung kesenian setiap malam akan menampilkan berbagai kesenian tradisional dan moderen, seperti tari klasik, tari kontemporer, kethoprak, wayang, membedah karya sastra dan lainnya. Sedang di area display, pengunjung dapat menikmati hasil olah seni berupa lukisan, patung dan karya seni lainnya dari para perupa Yogyakarta.  Pada hari tertentu, para pengunjung juga diajak berdiskusi dan melukis bersama. Selain itu sajian kuliner untuk menemani pengunjung,  juga tersaji di arena FKY ke-29 Kota Yogyakarta.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Ir. Eko Suryo Maharsono mengatakan sejalan dengan terbentuknya Dinas kebudayaan Kota Yogyakarta, Festival Kesenian Kota Yogyakarta lebih dimaknai sebagai festival kebudayaan kota Yogyakarta. Menurutnya, makna ini akan lebih luas cakupannya, daripada hanya menggelar seni atau pentas seni saja.

Eko berharap dalam FKY ini, ruang budaya yang dimiliki oleh kampung kampung budaya di KotaYogyakarta harus dapat diangkat sehinga masyarakat luas bisa membuktikan sendiri bahwa kekuatan kota Yogyakarta terletak pada budayanya.

Dikatakan, rintisan kelurahan kelurahan budaya menjadi pioner dalam pengelolaan budaya  di wilayah tidak kalah dengan deretan para artis papan atas di negeri ini. Kehadiran bintang tamu di ajang ini diharapkan menjadi motivator bagi seniman seniman muda dan pemula untuk menyerp ilmu kepada para senior mereka. Dan selanjutnya,dapat mengolah ilmu itu untuk menjadi garapan yang lebih baik lagi.

Eko Suryo juga berharap dukungan dan partisipasi masyarakat untuk menjaga dan mengembangkan kebudayaan kota Yogyakarta dengan dimulai dari setiap kampung yang ada.

Eko juga mengapresiasi   pengunjung  dan pengisi acara dan terus berharap kegiatan ini membawa pesan moral yang baik dari Yogyakarta yakni  menebarkan kedamaian dan keindahan yang menjadi ruh budaya masyarakat Yogyakarta.

Di hari pertama,  FKY Kota Yogyakarta yang bertemakan Umbar Mak Byarr!  ini, menyuguhkan tarian kontemporer, pagelaran wayang cinema dan hiburan lagu dari seniman dan band nasional asal Yogyakarta. Pemantauan di lapangan antusias masyarakat sangat baik dalam menyambut FKY 2017 ini.(@mix)