Wujudkan Kota Tanpa Kumuh, Pemkot Yogya Gelar Pelatihan Bagi Relawan BKM Sekota Yogya

Guna membangun kesadaran mesyarakat terhadap pemeliharaan bangunan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggelar pelatihan bagi relawan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) se-Kota Yogya.

Kegiatan yang diikuti 135 peserta dari 45 kelurahan ini di gelar di aula Akademi Akutansi YKPN Yogyakarta, Selasa (8/8).

Ketua Forkom BKM Kota Yogyakarta, Muhammad Sofyan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan kapasitas masyarakat untuk melakukan operasional dan pemeliharaan hasil pembangunan.

“Dengan kesadaran ini masyarakat diharapkan mampu memfasilitasi pembangunan kelembagaan kelompok pemanfaat dan pemelihara” ujarnya.

Sementara itu Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan pengembangan kapasitas kepada BKM Kota Yogya merupakan pilar penting untuk tercapainya program kota tanpa kumuh (KOTAKU). “Kegiatan ini dilakukan pada tingkat Kota dan Kelurahan. Masing-masing memiliki program yang berbeda” ungkapnya.

Menurutnya tugas BKM adalah memberdayakan masyarakat. Masyarakat yang berdaya adalah masyarakat yang memiliki kemampuan memberi sumbangsih terhadap lingkungan dan berperan aktif dalam penyampaian solusi bagi masalah-masalah pembangunan masyarakat.

“Pembangunan masyarakat tersebut meliputi bidang sosial budaya, ekonomi dan fisik. Dengan diadakannya pelatihan bagi relawan ini, kami berharap masyarakat menjadi semakin berdaya sehingga program pembangunan khususnya yang dikelola oleh BKM dapat berjalan dengan baik dan lancar” jelasnya

Walikota berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan para peserta, serta memperdalam pengetahuan dan koordinasi  antar elemen BKM, demi suksesnya program Kotaku ke depan.

“Semoga juga melalui kegiatan ini akan melahirkan sebuah perencanaan yang matang dan komprehensif serta dapat mengakomodir segala kepentingan dan kebutuhan masyarakat akan sebuah Kota yang ideal” kaatanya. (Han)