Kelurahan Wirogunan Wakili DIY Maju Tingkat Nasional

Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan Kota Yogya terpilih menjadi wakil DIY dalam lomba kelurahan tingkat nasional tahun 2017. Tim penilai lomba mengunjungi kelurahan tersebut untuk melakukan penilaian terhadap beberapa kategori yang menjadi prioritas penilaian.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengaku optimis jika kelurahan Wirogunan akan menjadi juara dalam lomba tersebut, pasalnya di kelurahan ini telah banyak melakukan berbagai inovasi guna menjawab ekspektasi masyarakat akan pelayanan publik yang optimal.

“Sejalan dengan ditunjuknya Kota Yogyakarta sebagai Pilot Project Laboratorium Inovasi Daerah pada 2015 lalu, menjadikan inovasi sebagai sesuatu yang tidak terpisahkan dalam setiap perencanaan pembangunan. Termasuk juga inovasi yang dilakukan oleh aparatur Kelurahan” tandanya di kantor Kelurahan Wirogunan, Jumat (28/7)

Ia menjelaskan di bidang pemerintahan di kelurahan Wirogunan telah menggunakan keterbukaan informasi dan telah menyediakan jalur-jalur komunikasi yang sigkat.

”Kelurahan sebagai lini terdepan pemerintah harus mampu memberikan pelayanan yang profesional dengan sistem dan prosedur yang transparan dan terpadu” katanya.

Selain itu kelurahan Wirogunan telah berhasil mengajak dan memberikan dorongan kepada masyarakatnya untuk berperan aktif dalam setiap upaya pembangunan di wilayah Wirogunan.

”karena kelurahan merupakan instansi yang mempunyai peran cukup strategis dalam upaya pemberdayaan dan transformasi sosial mewujudkan tatanan masyarakat yang adil dan sejahtera” ujarnya.

Ia berharap dengan kehadiran Tim juri dapat meningkatkan semangat dan motivasi dalam melaksanakan tugas-tugas kedinasan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya di wilayah kelurahan.

“Karena sejatinya, lomba kelurahan ini tidak hanya ditujukan untuk meraih hasil akhir lomba, tetapi jauh lebih penting daripada itu adalah harapan agar kinerja aparat dan masyarakat dapat terjalin dengan baik dan berkesinambungan” katanya.

Lurah Wirogunan, Suprihastuti menambahkan jika di wilayah Wirogunan telah banyak melakukan berbagai inovasi, diantaranya dalam bidang pemerintahan, Kelurahan Wirogunan memiliki Wirogunan Center yang berfungsi sebagai jembatan komunikasi dan koordinasi kegiatan sosial.

Sementara untuk bidang kewilayahan, di kelurahan Wirogunan memiliki inovasi dengan membentuk ciri khas kampung berdasarkan potensi (Heritage, Ramah Lingkungan, Kuliner, UMKM, dan Seni Budaya).

“Serta bidang kemasyarakatan dengan inovasi berupa Wira Manggala Sedekah dan Program Bantuan BPJS Pemulasaran Jenazah Swadaya” jelasnya.

Ketua tim juri nasional. Gunawan Aji Putranto mengatakan kegiatan evaluasi kelurahan ini merupakan sistem evaluasi yang sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja perangkat kelurahan dan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan kelurahan di setiap sektor pembangunan.

”Serta bagaimana kelurahan bisa mendorong pemberdayaan masyarakat melalui penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, partisipasi dan swadaya gotong royong masyarakat dalam pembangunan kelurahan” ujarnya. (Han)