Camat Umbulharjo Raih Kalpataru Tingkat Kota Yogya 2017

Camat Umbulharjo, Marjuki meraih penghargaan Kaplataru 2017 kategori Pembina Lingkungan tingkat Kota Yogya. Penghargaan tersebut diserahkan Walikota Yogyakarta,Haryadi Suyuti dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kota Yogya di embung langensari, Kelurahan Klitren, Kecamatan Gondokusuman Kota Yogya, Selasa (26/7)

Penghargaan Kaplataru tersebut diberikan atas sumbangsih tiada henti dari Marjuki untuk melestarikan lingkungan di wilayah Umbulharjo. Penghargaan ini diberikan setelah serangkaian penilaian yang dilakukan oleh DInas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogya.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan penghargaan tersebut merupakan apresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya melalui DLH Kota Yogya kepada setiap individu maupun kelompok masyarakat yang menunjukkan kepeloporan dan memberikan sumbangsihnya bagi upaya-upaya pemeliharaan fungsi lingkungan hidup dalam bentuk penghargaan Kalpataru.

"Semoga penghargaan ini memberikan dorongan lebih baik lagi untuk kita semua memperbaiki kehidupan di masa mendatang, bagi yang belum mendapatkan seharusnya dapat mencapai yang lebih baik dalam hal pengelolaan lingkungan." katanya.

Ia menegaskan jika Pemkot Yogya terus melakukan berbagai upaya untuk terus menjaga dan melestarikan lingkungan di Kota Yogya. “Antara lain menjaga siklus air, mengendalikan pencemaran udara, pemanfaatan panas bumi, serta menikmati keindahan alam untuk obyek wisata” tandasnya.

Ia berharap masyarakat Kota Yogyakarta bisa menjadi bagian dari masyarakat global yang memiliki kepedulian yang tinggi dalam menjaga hubungan yang harmonis dengan alam.

“Saya harap komponen masyarakat Kota Yogyakarta, baik pemerintah, pelajar, masyarakat dan dunia usaha memiliki andil dalam memberikan perlindungan bagi terciptanya Jogja hijau dan sehat yang sejalan tema kegiatan pada hari ini” ujarnya.

Sementara itu kepala DLH KotaYogya, Suyana mengatakan penghargaan ini diperuntukkan bagi individu maupun kelompok masyarakat pejuang pelestarian lingkungan. “Penghargaan yang diberikan tersebut merupakan hasil penilaian pada berbagai kegiatan lomba yang telah dilakukan oleh DLH selama tahun 2017 ini” katanya

Ia berharap dengan adanya penghargaan ini masyarakat bisa termotivasi untuk melakukan pengelolaan lingkungan dengan baik. “Kota Yogya butuh masyarakat yang sadar akan pelestarian lingkungan, lingkungan hidup menjadi isu yang harus diperhatikan saat ini, lebih-lebih dengan terjadinya pemanasan global sehingga perlu adanya perhatian yang lebih dari berbagai pihak untuk melakukan pengelolaan lingkungan” ujarnya. (Han)