Wawali Lakukan Kunjungan ke UPT Logam

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Purwanto memberikan apresiasi terhadap kinerja UPT Logam Kota Yogyakarta. Menurut Heroe, UPT yang dibawahi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta tersebut, UPT tersebut menunjukkan potensi yang luar biasa karena baik SDM maupun peralatan yang dimiliki telah mampu menghasilkan berbagai produk, dari yang kecil hingga yang besar.

“Melalui mesin CNC yang ada, UPT Logam mampu membuat apapun,  baik industri ringan maupun yang besar sehingga 67 IKM logam di sekitar sini untuk produksi alat masak, otomotif, presisi untuk mobil, dan yang lainnya sudah terlayani” Tutur Heroe dalam kunjungannya ke UPT Logam, Selasa (25/7) pagi.

Lebih lanjut, Heroe berharap, ke depannya, UPT logam mampu memberikan manfaat yang lebih besar bagi kalangan industri, serta lebih dikenal luas.

“Sekarang kita lihat Presiden Jokowi sering bagi-bagi sepeda, maka kita menawarkan agar sepeda yang dibagikan tersebut sepeda buatan UPT Logam” Harap Heroe.

Sementara, Kepala UPT Logam,  Agus Maryanto menuturkan, saat ini UPT Logam Kota Yogyakarta merupakan UPT Logam terbaik se-Indonesia, baik dari segi pelayanan, optimalisasi pemakaian mesin, maupun dampak bagi masyarakat, namun pihaknya menuturkan saat ini UPT logam masih memiliki kendala dari segi kapasitas produksi yang belum mampu mengkover pesanan dalam jumlah banyak.

“Dari segi knowledge, bahan baku, dan hasil kita memang tidak kalah bersaing, namun dari segi volume kami masih belum bisa memenuhi, tapi saat ini kami sedang dalam proses untuk membeli mesin injeksi  yang nantinya dapat meningkatkan volume produksi hingga bisa memproduksi sampai 80 ribu piece produk apapun dalam sebulan. Perkiraan mesin ini dapat dimanfaatkan pada akhir Agustus mendatang, dan UPT Logam Jogja bakal jadi satu-satunya pengolahan logam milik pemerintah yang memiliki mesin Injeksi” Imbuhnya.

Agus menambahkan, UPT logam hadir untuk membina dan mendukung IKM Logam di Kota Yogyakarta agar memiliki kompetensi dan karakter yang kuat sehingga mampu bersaing di tengah era persaingan internasional dewasa ini. Layanan yang diberikan UPT logam antara lain berupa fasilitasi promosi dan pameran bagi IKM logam, Pelayanan desain dan prototyping, layanan pembuatan moulding atau cetakan, layanan pengujian material, layanan permesinan, dan layanan konsultasi manajemen bisnis. Beberapa produk yang dihasilkan oleh UPT logam antara lain spare part kendaraan, alat masak, sepeda, dan berbagai kerajinan berbahan dasar logam (ams)