MAN 1 Gelar Orasi Kebangsaan

Guna mengurai permasalahan runtuhnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Yogyakarta menggelar Orasi Kebangsaan di gedung serbaguna MAN 1 Yogyakarta.

Kepala Sekolah MAN1 Yogya, Wiranto Prasetyahadi mengatakan kegiatan tersebut penting dilakukan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Ini adalah kewajiban setiap warga negara demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari bermacam suku, agama dan golongan dalam bingkai bhineka tunggal ika” katanya di lokasi, Rabu (19/7)

Sementara Itu Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi meyambut baik acara yang di gelar MAN1 Yogya tersebut, Menurutnya kebhinnekaan seyogyanya harus dimaknai sebagai suatu kearifan yang telah menjadi jiwa yang tak terpisahkan dari bangsa Indonesia.

“Makna Bhinneka Tunggal Ika  harus dipahami sebagai bentuk penghayatan kita akan nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh nenek moyang, para pendahulu kita, para pejuang bangsa yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk merebut, meraih serta mempertahankan kemerdekaan” ujarnya.

Dengan kita memegang teguh makna Bhineka Tunggal Ika, lanjutnya, berarti kita meningkatkan pengertian dan pengetahuan kita akan adanya budaya, adat, ritual dan dogma agama serta keyakinan lain, sebagai ilmu yang dapat kita gunakan, dalam kita hidup bersama dengan masyarakat lain dari berbagai belahan dunia.    

Pada kesempatan tersebut Ia juga mengingatkan kepada para siswa untuk belajar dari sejarah, karena menurutnya dengan belajar sejarah maka dapat memperkuat pemahaman kita akan masa kini dan masa mendatang.

”Ini menjadi tugas bagi kita semua, sebagai generasi penerus bangsa saat ini, untuk membawa bangsa Indonesia mencapai kejayaan.” Katanya. (Han)