Disdik Kota Yogya Gelar LPSN 2017

Dinas Pendidikan Kota Yogya menggelar Lomba penelitian siswa nasional (LPSN) tingkat Kota Yogya tahun 2017. Event tahunan ini digelar selama dua hari (18-19) Juli di gedung kotak komplek Taman Pintar Yogyakarta.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogya, Edy Heri Suasana mengatakan LPSN tingkat Kota Yogya ini merupakan suatu ajang kompetisi karya ilmiah yang berbasis kegiatan penelitian siswa SMP/MTs/sederajat yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mewujudkan daya saing regional

Ia menjelaskan dalam perlombaan ini di bagi dalam tiga kategori, yakni kategori Ilmu Pengetahuan Sosial Kemanusiaan dan Seni, kategori Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan, dan  kategori Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.

“Pada lomba kali ini di ikuti oleh 40 kelompok yang masing masing kelompok terdiri dari 2 hingga 3 siswa.” Katanya di lokasi

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan bahwa kegiatan LPSN ini sangat bermanfaat bagi generasi muda karena menurutnya dapat mendorong dan membudayakan cara berpikir sistematis dan logis untuk menyelesaikan masalah, maupun melihat adanya sebab akibat antara berbagai fenomena alam.

“Mulai dari mengidentifikasi dan menganalisa masalah, melakukan penelitian, hingga akhirnya mendapatkan hasil, mengambil kesimpulan serta  menemukan solusi” ujarnya

Selain itu, lanjutnya, dapat pula menjadi media untuk menumbuhkan dan mengembangkan keilmuan karena dalam melakukan suatu penelitian dengan suatu objek, tentu peneliti akan mencari referensi.

“Tentu saja tidak hanya satu referensi yang akan dijadikan dasar melainkan dibutuhkan beberapa referensi untuk memperkuat penelitian yang dibuat. Ketika seorang peneliti menemukan berbagai referensi, antara yang satu dengan yang lainnya tentu ia akan mempelajari dan menggali kedalaman dan kesesuaian dengan  objek yang diteliti" ungkapnya

Ia  berharap melalui kegiatan ini dapat menciptakan calon-calon intelektual muda, generasi muda penerus bangsa yang berkualitas unggul dan mampu bersaing dalam percaturan global dengan segala kapasitasnya.

“Untuk itu saya berpesan kepada peserta lomba untuk terus meningkatkan kemampuan kalian. Ingatlah bahwa di dunia ini tidak ada sesuatu keberhasilan yang dapat diperoleh secara instant. Kesuksesan akan diraih setelah melalui perjuangan dan perjalanan yang panjang” ujarnya. (Han)