4 Kelurahan Di Kota Yogya Raih Penghargaan

Sebanyak empat Kelurahan di Kota Yogyakarta meraih penghargaan kategori kelurahan cepat berkembang. Empat Kelurahan tersebut adalah Kelurahan Tahunan, Kelurahan Wirogunan, Kelurahan Ngupasan dan Kelurahan Suryatmajan.

Pengahargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi saat upacara bendera di halaman Balaikota Yogyakarta, Senin (17/6).

Kelurahan dengan nilai tertinggi memperoleh hadiah dari Pemerintah Kota Yogyakarta sebanyak Rp 40 juta, terbaik kedua sebanyak Rp 35,5 juta, terbaik ketiga sebanyak Rp31 juta, dan terbaik ke empat sebanyak Rp 26,5 juta.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogya, Zenni mengatakan seluruh Kelurahan di Kota Yogya masuk dalam kategori kelurahan cepat berkembang berdasarkan berdasarkan surat keputusan Walikota Yogyakarta nomor 297 tahun 2017.

“Tidak ada satu pun kelurahan di Kota Yogya yang masuk kategori kurang berkembang, namun disini kita hanya mengambil empat besar saja” katanya

Ia menjelaskan untuk proses awal penilaian dilakukan secara mandiri oleh setiap kelurahan terhadap berbagai aspek yaitu pemerintahan, kewilayahan dan masyarakat.

Instrumen yang digunakan sebagai dasar penilaian dan evaluasi di antaranya adalah kinerja pemerintahan, penggunaan teknologi informasi, tanggap bencana, inovasi, partisipasi masyarakat, investasi, pendidikan dan kesehatan.

"Hasil penilaian tersebut kemudian diverifikasi di kecamatan dan kemudian diverifikasi di tingkat Kota Yogyakarta," katanya.

Lurah Tahunan, Isharyanto, mengatakan jika pihaknya bersyukur jika kelurahan yang di pimpinya terpilih sebagai peringkat terbaik pertama dalam kategori Kelurahan yang cepat berkembang.

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi meminta kepada Lurah-lurah untuk terus berinovasi, dan terus bersinergi dengan RT/RW dan masyarakat.

Menurutnya lomba ini sangat bermanfaat, selain sebagai ajang kompetisi antar wilayah, lanjutnya, juga untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dari semua golongan dalam membangun wilayahnya.

“Masyarakat akan ikut aktif dalam memelihara dan meningkatkan kebersihan lingkungan baik lingkungan pekarangannya masing-masing maupun lingkungan sarana dan prasarana umum, dengan demikian dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat” katanya.

Ia berharap dengan prestasi yang sudah di raih oleh empat kelurahan ini dapat mendorong kelurahan lain agar terus menciptakan inovasi-inovasi baru di wilayahnya.

“Hal ini penting dilakukan sebagai alat untuk memotivasi kelurahan lain agar menjadi lebih baik serta untuk mendorong kelurahan supaya menciptakan inovasi-inovasi di wilayahnya masing-masing” ujarnya (Han)