Wali Kota Jajal Mobil Penyapu Jalan

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti pagi ini menyempatkan diri mencoba mobil penyapu jalan (road sweeper) di halaman Balaikota, rabu (21/6). Nampak penasaran Wali Kota pun langsung tancap gas membawa mobil ini keliling Balaikota.

Setelah puas mencoba cara kerja mobil buatan jerman ini, Walikota kemudian mengamati sejumlah kelengkapan mobil yang perlu ditingkatkan, seperti saluran air, roller dan sejenisnya.

“Sudah bagus, semoga mobil ini bisa bekerja sesuai yang diharapkan. Mampu membantu mewujudkan Yogyakarta bersih,” tuturnya.

Wali Kota juga berencana membawa sendiri mobil ini untuk membersihkan sampah di sejumlah ruas jalan, menurutnya ia harus turut langsung ke lapangan untuk memberikan teladan dan semangat menjaga kebersihan Kota Yogyakarta.

Namun, Haryadi memastikan bahwa mobil ini tidak akan menggantikan peran petugas penyapu yang telah ada. “Justru mobil ini sebagai upaya untuk melindungi penyapu jalan dari bahaya yang mengancam mereka,” tandasnya.

Meskipun sudah memiliki mobil canggih ini, Wali Kota memastikan akan tetap menggunakan jasa para penyapu jalan. “Tinggal diatur saja, mobil ini membersihkan jalan, sementara para petugas penyapu membersihkan lokasi yang sulit dijangkau seperti taman,” jelasnya.

Sementara itu  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta Suyana menuturkan, mobil ini mampu menampung sampah hingga satu meter kubik. “Mungkin nanti akan dicoba untuk membersihkan jalan di sepanjang malioboro,” jelasnya.(Tam)