Wawali Sapa Lansia Terlantar Budi Dharma

Sebagai bagian dari silaturahmi Ramadan yang dilakukan Pemerintah Kota Yogyakarta, Wakil Walikota, Heroe Poerwadi beserta istri, Poerwati Soetji Rahajoe dan jajaran Pemkot Yogyakarta  melaksanakan buka puasa bersama lanjut usia (lansia) terlantar yang menghuni Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia (RPS-LUT) Budi Dharma pada hari Selasa (20/6) sore. Dalam kesempatan ini, Wawali mengungkapkan apresiasinya, baik kepada Lansia penghuni Budi Dharma yang masih bersemangat dalam mengisi hari tuanya, maupun kepada jajaran perawat di RPS-LUT Budi Dharma yang senantiasa sabar dalam merawat lansia tersebut.

simbah-simbah sekalian harus senantiasa bersyukur pada Allah karena diparingi usia yang panjang sehingga bisa terus beraktifitas di sini, saya juga mengucapkan terimakasih pada Dinas Sosial maupun perawat di Budi Dharma yang selalu diberi kekuatan dan kesabaran dalam melayani dan merawat simbah-simbah di sini” Tutur Wawali.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarata, Hadi Muchtar mengatakan, acara ini sendiri merupakan agenda rutin tahunan Pemkot setiap bulan ramadhan sebagai bentuk kepedulian Pemkot pada lansia terlantar di Kota Yogyakarta agar pada lansia terlantar tersebut merasa tetap diaruhke di usia senjanya.

Lebih lanjut, Hadi Muchtar mengungkapkan,90% penghuni RPS-LUT Budi Dharma merupakan lansia yang sudah tidak memiliki sanak saudara sehingga mereka dirawat oleh Pemerintah, sedangkan 10% sisanya merupakan Lansia terlantar hasil razia

“Lansia tersebut kami rawat di sini dengan berbagai kegiatan yang padat dengan jadwal yang tertata agar mereka tetap aktif di usia senjanya” Ungkapnya

Ditambahkan oleh Heri Supriyanto, selaku Kepala UPT RPS-LUT Budi Dharma, Budi Dharma memiliki daya tampung sebanyak 70 lansia dan saat ini dihuni oleh 62 lansia. Di RPS-LUT, lansia tersebut melakukan berbagai kegiatan, baik yang bersifat jasmani, rohani, maupun sosial seperti kegiatan bermusik, ketrampilan membuat sulak dan taplak meja, menonton film, bimbingan rohani, pemeriksaan kesehatan, senam, layanan psikologi, serta kerja bakti.

“Dengan kegiatan tersebut,  lansia dapat terpenuhi kebutuhannya, baik jasmani, rohani, dan sosia sehingga mendapatkan kesejahteraan dan ketentraman hidup baik lahir maupun batin” Imbuhnya.

Acara buka bersama sendiri berlangsung meriah dan penuh kehangatan dengan berbagai sajian lagu yang dibawakan oleh para penghuni RPS-LUT. Selain itu dalam kesempatan ini Wawali juga meneyerahkan bingkisan lebaran kepada penghuni RPS-LUT dengan harapan penghuni RPS-LUT Budi Dharma juga dapat merasakan kemeriahan hari raya (ams)