HUT Ke-70 Pemkot Yogyakarta Dirayakan Dengan Sangat Sederhana, Kepala OPD Bacakan Sambutan Walikota di Lingkungan Masing-Masing

Hari ulang tahun Pemerintah Kota Yogyakarta ke-70 tahun dirayakan dengan sangat sederhana. Tidak ada apel karyawan yang digelar di halaman depan Balaikota.  Tidak ada kirab para Camat dan Lurah mengenakan pakaian adat Jawa  membawa lambang (pataka) dan pusaka milik Pemkot Yogyakarta yang lazim dilaksanakan seperti tahun tahun sebelumnya.  Masing masing OPD hanya diberi kesempatan untuk mengadakan upacara di lingkungan sendiri. Pada kesempatan itu, kepala OPD diwajibkan membacakan amanat Walikota Yogyakarta.

Selengkapnya amanat Walikota Yogyakarta,  Drs. H. Haryadi Suyuti, sebagai berikut :

AMANAT WALIKOTA YOGYAKARTA PADA APEL PAGI PERINGATAN HUT KE-70 PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA

Tanggal, 7 Juni 2017

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua.

       Jajaran Pemerintah Kota Yogyakarta yang berbahagia. Hari ini tanggal 7 Juni 2017 genap sudah 70 tahun usia Pemerintah Kota Yogyakarta sejak dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1947 yang menandai perjalanan Pemerintah Kota Yogyakarta sebagai daerah yang otonom yang berhak mengatur rumah tangganya sendiri dengan nama Haminte Kota. Dan kemudian disempurnakan dengan Undang-Undang RI Nomor 13 Tahun 2012 Tentang Keistimewaan DIY.

Melalui apel pagi hari ini, saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Yogyakarta yang berhasil melestarikan amanah dan tanggung jawab melayani masyarakat dengan sepenuh hati sebagai jawaban atas janji PNS. Sehingga 70 tahun berlalu Kota Yogyakarta tetap menjadi kota berbudaya dan maju menjadi kebanggaan warganya. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing dan melindungi kita semua.

Memperingati 70 tahun lahirnya Pemerintah Kota Yogyakarta merupakan momentum untuk menguatkan komitmen kecintaan kita kepada Kota Yogyakarta sebagai warga dan sekaligus pelayan masyarakat. Bersyukur ke hadirat Allah SWT pada tanggal 22 Mei 2017 saya bersama Bapak Heroe Purwadi telah dilantik untuk memimpin jalannya pemerintahan di Kota Yogyakarta.

Rekan kerja yang saya banggakan,

Mengawali Periode kedua kepemimpinan saya dan Bapak Heroe Purwadi, kami mengajak jajaran Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan “PERUBAHAN”. Substansi semangat pelaksanaan perubahan membawa arti bagaimana kita harus menengok kebelakang, kemudian melihat tantangan ke depan dan kemudian memutuskan pada saat ini hal-hal apa saja yang harus kita tempuh bersama untuk bisa lebih baik dari kemarin sekaligus membangun tapak baru bagi masa mendatang.

Secara personal perubahan berarti komitmen terhadap diri kita sendiri sebagai aparat Pemerintah Kota Yogyakarta untuk lebih profesional, bertanggung jawab dan mampu memenuhi kaidah-kaidah etis sebagai aparat pemerintah. Jajaran Pemerintah Kota Yogyakarta perlu membangun satu ritme kerja yang akan menjadi budaya kerja Pemerintah Kota Yogyakarta.

Guna meningkatkan kualitas pelayanan, setiap aparat hendaknya mampu menjiwai dan melaksanakan tiga aspek yaitu disiplin, koordinasi dan kontrol. Disiplin berlaku untuk semua lapisan struktur aparat di Lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Disiplin dimaknai bahwa setiap aparat selalu bisa memenuhi apa yang menjadi kewajiban-kewajiban dan tanggung jawab sesuai peran, posisi dan jabatan masing-masing secara profesional.

Koordinasi menekankan pada kesadaran kita akan semangat kerja kolektif untuk saling mengisi dan melengkapi antar fungsi-fungsi pada ruang-ruang keterbatasan dalam pelayanan kepada masyarakat. Kontrol adalah fungsi dari kesadaran akan adanya struktur hirarki dalam organisasi. Kontrol akan menjaga ritme kerja dan keterjaminan pencapaian target kinerja. Ketiga hal, disiplin, koordinasi dan kontrol harus senantiasa kita ejawantahkan dalam menjalankan organisasi besar Pemerintah Kota Yogyakarta.

Mengakhiri Semester I dalam bahasa pelaksanaan kegiatan dan anggaran, marilah kita tunjukkan progres yang menjadi tanggung jawab masing-masing OPD. Pencapaian opini WTP dari BPK RI yang ke delapan kali secara berturut-turut tanpa jeda menjadi hadiah ulang tahun sekaligus pengingat bagi jajaran Pemerintah Kota Yogyakarta untuk terus menyempurnakan tugas secara konsisten.

Di Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini secara tulus saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Yogyakarta yang dengan penuh kesungguhan telah menunjukkan dedikasi, karya nyatanya serta pengabdiannya sehingga menghantarkan Pemerintah Kota Yogyakarta sebagai salah satu organisasi yang terdepan dalam pelayanan publik.

Mari kita wujudkan Kota Yogyakarta yang lebih baik, Kota Yogyakarta yang istimewa dan Kota Yogyakarta yang mampu memberi penghidupan dan kesejahteraan bagi warganya.

Yogyakarta Istimewa untuk Indonesia. Jaya !

Sekian. 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

                              WALIKOTA  YOGYAKARTA

 

                 H. HARYADI SUYUTI