Wali Kota dan Wawali Ziarah ke Makam KPH Mr Soedarisman Poerwokoesoemo

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dan Heroe Purwadi beserta jajaran pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta pada hari Rabu (24/5) pagi melakukan ziarah ke makam Wali Kota Yogyakarta periode 1947 – 1966, KPH Mr Soedarisman Poerwokoesoemo di makam keluarga, Dusun Plumbon, Banguntapan, Bantul. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun Pemerintah Kota ke-70 yang akan jatuh pada tanggal 7 Juni 2017 mendatang.

Wali Kota mengatakan, kegiatan ini selain dilakukan untuk mendoakan arwah wali kota terdahulu tersebut, juga dimaksudkan agar jajaran aparatur di lingkungan pemerintah kota Yogyakarta mampu meneladani jasa-jasa yang dilakukan oleh wali kota terdahulu.

“Kita ziarah bukan untuk meminta dan mendoakan diri sendiri, namun untuk mendoakan arwah beliau dan agar terinspirasi jasa-jasa beliau” Tutur Wali Kota

Sementara itu, KPH Setyohardjo Dirjonagoro SH, selaku perwakilan dari Keluarga KPH Mr Soedarisman Poerwokoesoemo mengapresiasi atensi yang diberikan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui kegiatan ziarah ini.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kehadirannya, dan kami merasa terharu karena Pemkot terus memberikan atensi kepada almarhum dan keluarganya dengan rutin berziarah” Kata adik dari KPH Mr Soedarisman Poerwokoesoemo ini.

KPH Mr Soedarisman Poerwokoesoemo merupakan Wali Kota Yogyakarta kedua yang menjabat selama 19 tahun dari tahun 1947 hingga 1966. Sebelum kemerdekaan Indoneisa, ia banyak berkiprah di berbagai organisasi seperti Jong Java (1928), Komisi Bahasa Indonesia (1933) Indonesia Muda (1930), dan Angkatan Muda Indonesia Yogyakarta (1945). Selain itu beliau juga merupakan salah satu sosok yang berjasa mendirikan Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada yang kemudian menjadi Universitas Gadjah Mada. KPH Mr Soedarisman Poerwokoesoemo meninggal dunia pada tanggal 29 Februari 2010.

Rangkaian ziarah sendiri dimulai dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Yogyakarta di mana rombongan melakukan doa dan tabur bunga di makam Jenderal Sudirman dan wali kota Yogyakarta periode 1981-1986, Kolonel Soegiarto, selanjutnya rombongan mengunjungi makam-makam wali kota terdahulu Kota Yogyakarta, yaitu KPH Mr Soedarisman Poerwokoesoemo di makam keluarga Dusun Plumbon Banguntapan, Kolonel Soejono AJ di TMP 45 Jati Sawit Ambarketawang, serta Prof. Dr. Dahlan Thaib, SH. M.Si di makam Prujakan, Sleman. (ams)