Hari Pertama Kerja Walikota dan Wakil Walikota Jogja Tanam Pohon Sawo Kecik

Walikota Yogyakarta   Drs. H. Haryadi Suyuti dan Wakil Walikota Drs. Heroe Poerwadi  mengawali hari pertama kerja dengan menanam pohon Sawo Kecik di halaman depan Balaikota Yogyakarta, Selasa, (23/05/2017).

Walikota Yogyakarta Haryadi mengatakan  kegiatan mereka di hari pertama setelah dilantik  selain menerima tamu dan beberapa kegiatan lain  mereka berdua menyempatkan diri menanam pohon Sawo Kecik. Sawo kecik menurut Haryadi merupakan simbolisasi dari  penanaman kebaikan atau dalam bahasa Jawa disebut sarwo becik. “Kita mengawali kerja ini dengan menanam pohon simbol kebaikan. Melaksanakan kegiatan yang diharapkan  dapat menanamkan kebaikan. Seiring dengan tumbuhnya pohon ini harapan kami adalah di kota Yogyakarta ini yang ada hanyalah sebuah kebaikan,” ujar Haryadi.

Sementara itu, Wakil Walikota Heroe Poerwadi menambahkan bahwa dua pohon sawo yang ditanam merupakan amanah dari masyarakat  yang diberikan saat proses pemilihan umum  lalu. “ Dulu saat kampanye ketika melewati di depan rumah dinas  dengan bersepeda. Ada dua tokoh masyarakat menyerahkan kepada kami dua bibit  pohon sawo kecik.  Dulu kami berjanji ketika kami terpilih kami segera menanamnya. Sekarang kami terpilih  dan kami penuhi amanah itu,” cerita Heroe. 

Sama halnya dengan Walikota Wakil Walikota itupun mengatakan bahwa dalam filosofi masyarakat Jawa menanam pohon Sawo Kecik mengibaratkan dengan kita menanam kebaikan. Tentu saja  saja harus dilandasi dengan kepercayaan kepada pertolongan Tuhan Yang Esa. “Didalam bekerja kita harus menanam kebaikan.  Segala sesuatu harus serba baik. Oleh karena itu sebagai simbol dan apalagi diserahkan oleh tokoh masyarakat, maka saat ini kami mencoba untuk menanam  pohon ini semoga menginspirasi kita semua  bahwa kami ingin menanam kebaikan pada masa bakti kami ini. Itulah yang dipesankan oleh tokoh masyarakat.” tambahnya.

Selain acara penanaman pohon kegiatan Wakil Walikota di hari pertama  adalah menghadiri  dua acara.  Juga menerima  tamu dari tokoh masyarakat  memberi ucapan selamat sekaligus  memberi masukan masukan untuk pembangunan di kota Yogyakarta.  Menurut Heroe sudah ada masukan dari masyarakat melalui tokoh masyarakat yang diterimanya. “ Ya, sudah ada masukan dari tokoh masyarakat terutama tentang penataan di kota Yogyajarta.” Imbuhnya.

Heroe juga mengatakan dalam waktu dekat ini juga  mereka akan mengumpulkan semua OPD untuk melakukan koordinasi. (@miX)