Peringati HLUN, Pemda DIY Gelar Senam Lansia

Pemerintah Daerah DIY bersama Pemerintah Kota Yogyakarta menggelar Senam Massal Lanjut Usia (Lansia) pada hari Minggu (21/5) pagi bertempat di Stadion Mandala Krida. Acara yang ini diadakan sebagai puncak dari peringatan Hari Lanjut Usia (HLUN) Tingkat DIY 2017. Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta, Hadi Muchtar selaku penyelenggara mengatakan, peringatan HLUN ini sendiri diselenggarakan dengan maksud untuk menghargai keberadaan para lansia di DIY

“Tujuan diuselenggarakannya agar masyarakat senantiasa menghargai dan peduli kepada para lansia sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup lansia Di DIY serta meningkatkan kesejahteraan mereka” Ucapnya.

Lebih lanjut, Hadi Muchtar juga mengungkapkan bahwa peringatan HLUN sendiri sudah diselenggarakan sejak bulan April kemarin melalui berbagai kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan, sarasehan  dan bakti sosial

“Acara bulan bhakti lansia sudah dilaksanakan sejak tanggal 20 April lalu dengan pemeriksaan kesehatan di RS Jogja dan RS Sardjito, lalu Sarasaehan membangun kepedulian kepada lanjut usia, serta bakti sosial berupa pembangunan rumah layak huni bagi lansia dan puncaknya adalah senam hari ini” Jelasnya.

Sementara itu, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X melalui Kepala Dinas Sosial DIY, Untung Sukaryadi mengajak agar lansia, khususnya di DIY tetap produktif di usia senjanya. Menurut Gubernur, usia hendaknya tidak menghalangi para lansia untuk berhenti berprestasi.

“Saya menghajak para lansia tetap giat dan semangat,. Usia senja bukan akhir dari segalanya dan berhenti berkarya. Usia tidak menutup kemungkinan untuk berprestasi, bersosial, dan hubungan interaksi dengan masyarakat. Bisa dibuktikan dengan banyaknya masyarakat lansia yg memberikan erajna penting dan membawa andil besar dalam mengambil keputusan sertaj kebijakan di organisasi maupun pemerintah” Tutur Gubernur dalam sambutan tertulisnya.

Lebih lanjut, Untung juga mengapresiasi keikutsertaan para lansia dalam senam massal. Hal tersebut menurut Untung menunjukkan semangat positif dari para lansia

“Sungguh merupakan kebanggan tersendiri, saya melihat ibu dan bapak lansia tetap bersemangat dengan wajah yang cerah ceria. Hal ini menunjukkan bahawa bapak dan ibu dapat menikimati kehidupan seharti-hari dengan penuh semangat” Pujinya.

Acara ini sendiri berlangsung meriah dengan kehadiran sekitar 1.000 lansia dari berbagai wilayah di DIY. Selama hampir satu jam penuh, para lansia dengan penuh semangat mengikuti kegiatan senam, selain itu hiburan yang diberikan oleh Orkes Kentongan Suka Rena, Kecamatan Mergangsan dan Line Dance lansia dari Condongcatur, Sleman juga turut menggugah semangat para lansia tersebut. Dalam acara yang juga dihadiri oleh pasangan Walikota-Calon Walikota Yogyakarta terpilih 2017-2012, Haryadi Suyuti dan Heroe Purwadi ini diserahkan pula penghargaan kepada beberapa insan maupun lembaga yang dinilai mampu memberikan pengabdian sosial bagi masyarakat lansia, yaitu Bapak Sukiyat Pamungkas dari Kecamatan Tegalrejo, Kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) Moyudan, Sleman, serta Lembaga Kesejahteraan (LKS) Laku Utomo dari Gunungkidul. (ams)