PMI Kota Yogya Berikan Penghargaan Kepada Pendonor Darah Sukarela Tahun 2017

PMI Kota Yogyakarta  memberikan piagam penghargaan kepada pendonor darah sukarela  ke 100, 75, 50 dan 25 kali. Penghargaan diserahkan di acara Malam Anugerah yang digelar di aula PMI jalan tegal gendu Yogyakarta. Rabu malam (10/5).

Ketua PMI Kota Yogya, Adi Heru mengatakan penghargaan diberikan kepada 6 orang pendoror darah ke 100 kali, 16 orang pendoroh darah ke  75 kali, 16 orang pendoroh darah ke 50 kali dan  81 orang pendonor darah ke 25 kali.

Sementara itu Penjabat Walikota Yogyakarta, Sulistiyo mengatakan momentum ini merupakan kesempatan yang baik untuk menggalang kebersamaan diantara jajaran pengurus, staf, relawan PMI para pemangku kepentingan serta para pendonor.

Menurutnya para pendonor darah sukarela merupakan mitra setia dari Palang Merah Indonesia yang secara rutin menyumbangkan darahnya untuk memenuhi persediaan kebutuhan darah secara nasional.

“Darah merupakan unsur yang sangat penting yang hanya dapat diproduksi dalam tubuh, secanggih apapun teknologi, semodern apapun peralatan kedokteran hingga saat ini masih belum mampu memproduksi darah.” ujarnya.

Ia menambahkan darah merupakan aset bangsa dan setiap negara hendaknya dapat memenuhi kebutuhan darah warga negaranya sendiri yang disumbangkan secara sukarela. Oleh karena itu Donor Darah Sukarela merupakan aset bangsa dan bahkan Penjabat Walikota Yogyakarta mengatakan pendonor darah adalah pejuang kemanusiaan karena menurutnya dengan tetesan darah yang dimilikinya dapat memberi sumbangan yang sangat berarti bagi kehidupan orang lain.

"Keteladan para pendonor darah sukarela perlu diikuti oleh seluruh warga bangsa karena dengan tetesan darah dimiliki dapat memberi sumbangan sangat berarti bagi kehidupan orang lain yang membutuhkan," katanya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan tindakan kemanusiaan yang tidak ternilai serta merupakan penegasan akan arti penting persaudaraan, soliditas, dan kepedulian terhadap sesama, juga meneguhkan kembali arti kesetiakawanan.

"Tindakan kemanusiaan seperti ini tidak ternilai harganya, sehingga pantaslah saudara-saudara disebut sebagai pejuang kemanusiaan," katanya

Ia berharap malam anugerah donor darah sukarela PMI Cabang Kota Yogyakarta ini menjadi spirit bagi warga masyarakat lain untuk turut ambil bagian dalam kegiatan kemanusiaan yang dimotori oleh PMI.

“Karena kemitraan bersama antara PMI dan masyarakat merupakan modal berharga untuk menjaga kesinambungan aksi-aksi kemanusiaan” katanya. (Han)