BKPP Adakan Ujian Dinas TK I dan TK II untuk PNS Pemkot Yogyakarta

Sebanyak 53 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kota Yogyakarta mengikuti Ujian Dinas TK I dan TK II yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Yogyakarta, 25-26 April 2017, di Griya UMKM. Sejumlah 45 orang mengikuti Ujian Dinas TK I dan 8 orang turut dalam Ujian Dinas TK II.

“Materi yang diujikan untuk Tingkat I terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bahasa Indonesia, Sejarah Indonesia, RPJPN dan RPJMN, Peraturan perundangan di bidang kepegawaian, KORPRI, Pengetahuan perkantoran, tugas pokok, fungsi, struktur organisasi, dan tata kerja instansi, pengetahuan substantif instansi,” ujar Kepala Bidang Diklat, Suyono.

Sementara materi Ujian Dinas Tingkat II sama dengan materi Ujian Dinas Tingkat I ditambah dengan perkembangan politik dalam negeri, ekonomi, dan pembangunan; perkembangan politik luar negeri terutama kerja sama negara-negara yang tergabung dalam ASEAN; Teori Kepemimpinan; Fungsi Manajemen; serta Karya Tulis.

Sebelumnya, kegiatan diawali dengan mengundang calon peserta Ujian Dinas yang lulus seleksi administrasi untuk pembekalan bagi peserta yang dilaksanakan 17-20 April 2017 dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, baik dari Pemerintah Kota Yogyakarta maupun akademisi, seperti UNY, UAD, dan Atmajaya.

Ujian Dinas merupakan salah satu persyaratan untuk proses kenaikan pangkat Pengatur Tingkat I Golongan II/d menjadi Penata Muda Golongan III/a dan Pangkat Penata Tingkat II Golongan III/d menjadi Pembina Golongan IV/a.

Pegawai Negeri Sipil diharuskan mengikuti dan lulus Ujian Dinas Tingkat I dan Ujian Dinas Tingkat II, mengacu pada Surat Edaran Kepala BKN Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002 tentang Peraturan Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil serta Perwal 49 Tahun 2015 tanggal 16 Oktober 2015 tentang Pedoman Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Ijazah bagi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Acara secara resmi dibuka oleh Kepala BKPP Kota Yogyakarta, Maryoto. Ia menuturkan, acara tersebut adalah upaya mendukung pelaksanaan Reformasi Birokrasi Bidang Sumber Daya Manusia dan Aparatur sebagai titik sentral pelaksanaan pembangunan perlu terus dikembangkan dan disempurnakan agar dapat berdaya guna dan berhasil guna.

“Untuk itu, Pemerintah Kota Yogyakarta secara terus-menerus melaksanakan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka menunjang keberhasilan pembangunan disegala bidang. Aparatur yang berkualitas, bersih, dan berwibawa akan terwujud dengan adanya usaha pembinaan terhadap aparatur serta dengan adanya susunan jabatan yang tepat, yang dapat mendorong efisiensi dan efektivitas kerja,” terangnya.

Maryoto berharap, Ujian Dinas pada 2017 mampu lulus 100 persen.

Salah satu peserta Ujian Dinas TK II, Sekretaris Camat Tegalrejo, Retnaningtyas, mengungkapkan, acara ini merupakan hal positif guna menunjang karier PNS. (Jumari/Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan)